May 21, 2024

Jakarta, JNcom – Guna meningkatkan toleransi antar umat beragama serta bertepatan bulan suci ramadhan 1445 H/2024, Pj. Bupati Bekasi, Dani Ramdan hadiri kegiatan sosial bersama Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Kabupaten Bekasi bagikan sebanyak 3.500 takjil kepada pengguna jalan, yang ada di Stadion Wibawa Mukti, Cikarang Timur, pada Jumat (5/4/2024).

Dikatakan Dani Ramdan lekatnya nilai toleransi menjadi momentum untuk meningkatkan kualitas diri dan mempererat tali persaudaraan antar majelis lintas agama dalam berbagi kebahagiaan.

“Melalui enam agama sangat kompak dan menjunjung toleransi yang tinggi dengan membagikan takjil kepada para pengguna jalan, terlihat ramadan ini sangat harmoni,” ujar Dani Ramdan kepada media, di Bekasi, Jumat (5/4/2024).

Menurut Dani kegiatan seperti ini merupakan simbol persatuan dan keberagaman umat untuk saling menghormati, menghargai dan membantu sesama meskipun kepercayaan juga keyakinan yang berbeda.

“Kita semua adalah bagian masyarakat Kabupaten Bekasi yang beragam, diatas segala perbedaan itu kita memiliki satu kesamaan yang sangat berharga,” terangnya.

Dani Ramdan sangat mengapresiasi FKUB Kabupaten Bekasi bersama stakeholder terkait lainnya yang telah berkontribusi serta bekerja keras untuk dapat menyelenggarakan kegiatan berbagi takjil ini.

“Atas nama Pemkab Bekasi saya mengapresiasi setinggi-tingginya kepada FKUB bersama stakeholder lainnya yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan ini,” imbuhnya.

Dirinya juga berharap pembagian takjil tidak hanya sekedar menjadi momen silahturahmi.

“Tetapi juga sebagai bentuk nyata kepedulian terhadap sesama umat terutama dibulan suci ramadan,” imbuhnya.

Lebih lanjut Dani Ramdan menyatakan agar momen tersebut menjadi titik awal untuk terus memperkuat kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Bekasi, sehingga tercipta lingkungan yang harmonis dan damai.

“Semoga melalui kegiatan ini tidak hanya sebagai ajang silahturahmi tetapi menjadi titik awal untuk kita bisa memperkuat kerukunan dan toleransi antar umat beragama di Kabupaten Bekasi,” tuturnya.

Ditempat yang sama Ws. Liem Liliany Lontoh, S.E., S.Pd., M.Ag. menambahkan sangat senang berkolaborasi dengan FKUB Kabupaten Bekasi. Sangat terasa kekompakan teman-teman yang walaupun berbeda agama dapat bersama-sama bergotong royong membagikan takjil dengan riang gembira. Kita semua bersaudara jadi harus saling tolong menolong.

“Sebelumnya MATAKIN bersama PERKHIN dan PINTI telah melakukan pembagian takjil di beberapa wilayah DKI Jakarta seperti di Makin Jakarta Barat, Makin Jakarta Pusat dan Bio Hok Tek Tjeng Sin di Jakarta Selatan,” imbuhnya.

Sementara itu Prof. Dr. KH. Mahmud, M.Si., CSEE. Ketua FKUB Kabupaten Bekasi menyatakan, bahwa agama-agama yang ada, bagaikan bunga yang masing-masing punya aroma yang khas dan warna, ada yang putih, merah, biru. Kuning, hijau dan lainnya. FKUB bertugas merangkai bunga yang beragam ini agar menjadi taman bunga yang indah dipandang mata. Karena keragaman adalah sebuah keniscayaan, yang harus kita terima dan rawat agar menjadi kekuatan untuk negeri tercinta.

“Demikian pula dengan enam agama di Indonesia, mempunyai ciri khas masing-masing dan kita wajib menjaganya agar tercipta kerukunan dan kedamaian,” urainya.

Tampak hadir dalam acara tersebut Ketua FKUB Kabupaten Bekasi Prof Mahmud, perwakilan enam agama dan pejabat teras Kabupaten Bekasi. (s handoko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *