May 21, 2024

Kalsel, JNcom – Suasana hangat terpancar tatkala Sekretaris Dewan Pengurus Wilayah Ikatan Pesantren Indoneia Kalimantan Selatan (IPI Kalsel) Dr H Edy Setyo Utimo berbincang ringan dengan anak-anak pondok pesantren Misbahul Munir Banjarbaru saat buka puasa bersama di masjid Pondok Pesantren Misbahul Munir, Rabu (27/3/2024).

Sebelum waktu berbuka puasa, diadakan pembacaan yasin, tahlil yg diikuti oleh kurang lebih 750 orang santri dan ustad di Pondok Pesantren. Ketika adzan Maghrib berkumandang tanda waktu berbuka puasa, para undangan yang hadir menikmati hidangan yang tersaji. Dimulai dengan takjil berbuka puasa, dilanjut sholat magrib berjamaah.

Selesai pelaksanaan sholat magrib, hidangan makan sudah tersedia di nampan dan tersusun rapi. Sistem satu nampan untuk beberapa orang ini menarik karena lebih terasa kebersamaan dan saling pengertian.

Dalam sambutannya, H Edy menyampaikan salam dan permohonan maaf Ketua DPW IPI Kalsel KH Mulai Yunus yang tidak bisa berhasil karena sedang ada kegiatan di tempat lain.

Ditambahkan H Edy, kegiatan buka puasa bersama Ikatan Pesantren Indonesia ini bertujuan untuk memperkuat rasa kebersamaan dan solidaritas diantara santri, anggota keluarga atau komunitas.

Momen buka puasa bersama dapat menjadi kenangan indah yang akan selalu diingat dan menjadi cerita untuk dikenang bersama. Dengan buka puasa bersama pasti kita akan berbagi cerita, tertawa bersama dan merasakan kedekatan emosional dengan orang orang terdekat.

Melalui buka puasa bersama, kita dapat belajar untuk lebih memahami dan peduli terhadap perasaan dan kebutuhan orang lain.

Saat berbuka puasa bersama. kita bisa merasakan betapa beruntungnya kita memiliki makanan untuk berbuka, sementara ada banyak orang disekitar kita maupun di seluruh dunia yang tidak seberuntung itu

“Kegiatan Bukber IPI ini Insyaa Allah akan dilaksanakan di 5 Pondok Pesantren dengan estimasi sekitar 4.000 santri dan pembagian takjil di tempat umum sekitar 2.000 porsi. Atas nama pengurus IPI Kalsel, kami mengucapkan Terima kasih kepada mitra-mitra pendukungnya kegiatan ini , seperti Bank BSI, Bank BNI, Bank Kalsel, PT Tanur Travel Cabang Banjarbaru, dan PT IPI ” pungkas Edy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *