15 Desember menjadi Hari Juang Kartika TNI

Nusantara123 Views

Salatiga, JNcom – Tanggal 15 Desember kini telah ditetapkan sebagai hari jadi Infantri atau Hari juang Kartika TNI, namun pada giatnya lebih mengingatkan peran Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI) yang setiap tahun diperingati.

“LVRI lahir merupakan gabungan antara TNI bersama para pejuang yang notabene masyarakat umum,” ujar  Mayor Purn Joenaedi, salah seorang Veteran yang turut andil cukup besar dalam berjuang di Irian barat (1962) kemudian di Kalimantan (1964) dan Seroja (1975) di Timor Leste. Semenrtara di kota Salatiga saat ini LVRI anggotanya lebih dari dua ratus (200) anggota yang berada di empat (4) ranting atau setingkat Kecamatan yang ada di Salatiga.

Keberadaan anggota LVRI yang diatas rata rata usia 70-80 tahun namun masih terlihat Sehat dan masih memiliki semangat juang yang tinggi. Hal itu ketika ditemui pada acara pertemuan routine tiap bulan di Cebongan pada Selasa (12/12) di kediaman Joenaedi selaku wakil ketua LVRI kota Salatiga.

“Kegiatan pertemuan rutunne tiap bulan agenda nya evaluasi kegiatan sosial serta pengumuman jika ada kegiatan selanjutnya. Bentuk aksi sosial yang dilakukan anggota LVRI misalnya membantu bedah rumah tidak layak huni dan itu sudah kami lakukan,” ungkap Joenaedi.

Disaat yang sama, Team Aksi Politik Salatiga, Brigjend Purn Untung Waluyo menjelaskan bahwa kehadiran Untung selain bentuk temu kangen sesama purna TNI juga membawa missi untuk memenangkan Capres Prabowo dalam Pemilu 2024 mendatang.

“Dalam pertemuan ini kita sama-sama berangkat dari pejuang atau purba tugas TNI dan diharapkan dalam Pemilu Capres ini kita dukung Capres yang dari pejuang yaitu pak Prabowo,” ujar Untung

Dalam kesempatan ini Untung tidak menyampaikan sosok kepribadian Prabowo. Pasalnya semua jajaran LVRI sudah mengerti sepak terjang Prabowo sebagai Prajurit TNI baik tingkat Kedisiplinan, Kecerdasan serta loyal terhadap bangsa dan negara.

“Saya berharap LVRI tetap selalu kompak Semangat serta pada 14 Februari 2024 memilih Prabowo – Gibran karena barometernya Salatiga jika menang maka Prabowo-Gibran menang di Jawa tengah,” pungkasnya. (NANO)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *