LSPR Wilderbeast Menjadi Wakil Indonesia Dalam The 11th Cheerleading World Championships 2023 di Jepang

Metropolitan79 Views

Jakarta, JNcom – Untuk pertama kalinya, unit kegiatan mahasiswa bidang olahraga (LSPR Sports) melalui “Wilderbeast” berhasil menembus kompetisi “Cheerleading” dilevel Internasional pada kejuaraan “The 11th Cheerleading World Championships 2023”, diselenggarakan dikota Takasaki, Jepang, Sabtu (25/11/2023).

LSPR Wilderbeast oleh Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI) ditunjuk untuk mengikuti The 11th Cheerleading World Champhionship dan menjadi satu-satunya kontingen Indonesia.

Sebelumnya, LSPR Wilderbeast juga telah mengikuti beberapa kompetisi dari tingkat daerah hingga nasional, bahkan Wilderbeast juga dapat berkesempatan dalam melanjutkan kompetisi Kejuaraan Nasional 2023 oleh Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia.

Berasal dari kompetisi tersebut, LSPR Wilderbeast untuk mendapatkan kesempatan dapat mewakili Indonesia di Cheerleading World Championship 2023 di Jepang, dengan membawa 16 orang anggota inti dan pelatih cheerleader, Indra Destiana.

Cheerleading merupakan unit kegiatan olahraga rekreasi yang membutuhkan kedisiplinan, kekompakan, daya juang, dan latihan yang luar biasa, layaknya atlet olahraga lain. Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah mengumumkan secara resmi bahwa cheerleading sebuah cabang olah raga.

Patricia Vicky Sihombing selalu Direktur Kemahasiswaan LSPR, mengatakan bahwa keikutsertaan LSPR Wilderbeast sebagai kontingen Indonesia untuk kategori All-Female adalah penunjukan langsung dari Federasi Cheerleading Seluruh Indonesia (FCSI). Hal ini dinilai dari prestasi LSPR Wilderbeast pada Kejuaraan Nasional (KEJURNAS) Cheerleading 2023 dimana LSPR Wilderbeast meraih Juara 1 untuk kategori Small Group – All Female dan Juara 2 untuk kategori Open Division – All Female.

“LSPR Wilderbeast juga selalu menempati posisi 3 besar di perhelatan KEJURNAS Cheerleader sejak 2022,”ujar Priticia Vicky Sihombing seperti release yang diterima redaksi JURNALNUSANTARA.COM, di Jakarta,pada Kamis (30/11/2023).

Peserta dari CWC 2023 kali ini berasal dari berbagai negara diantaranya : Jepang, Jerman, Latvia, Indonesia, Brazil, Bolivia, China Taipei, Kazakhstan, Thailand, Ekuador, Singapura, dll

Bertempat di Takasaki Arena, LSPR Wilderbeast berhasil mendapatkan posisi ke-4 (Harapan 1) untuk kategori “Senior – Cheerleading Small Groups All Female” dan posisi ke-5 (Harapan 2) untuk kategori “ Senior – Cheerleading All Female”. Dalam kompetisi “The 11th Cheerleading World Championships” ini Jepang menjadi juara umum diikuti oleh Jerman.

Berikut adalah daftar nama Atlit LSPR Cheerleader yang berkompetisi dalam Cheerleading World Championships 2023 serta para pendamping:
Pelatih LSPR Cheerleading “Wilderbeast” : Mr. Indra Destiana Putra

Atlet LSPR Cheerleading “Wilderbeast” :

1. Achnas Dinarrianty
2. Avril Aulia
3. Ayu Listyarini
4. Charista Sekar Tathianne
5. Clarissa Elizabeth
6. Eudearly Angela Jansye
7. Ria Marcelina Kaseger
8. Gusti Ayu Dewi Anjani
9. Sakeena
10. Satya Putri
11. Jade Ruth Juventine
12. Kimi Dzikra Aqilah
13. Naisha Ramadhina Nanda Shafira Aurelia
14. Nathania Devita Winandi
15. Preti Zinta
16. Tasya Nuraprilia

Seperti diketahui Cheerleading di Indonesia mulai muncul pada awal tahun 2000-an sebagai aktivitas pendukung dalam olahraga. Terutama populer di lingkungan sekolah dan perguruan tinggi, cheerleading di Indonesia berkembang pesat dengan peningkatan minat dari berbagai komunitas. Meskipun tidak memiliki sejarah yang panjang, perkembangan cheerleading di Indonesia terus berlangsung, dengan tim-tim yang semakin aktif dan kompetisi yang diadakan untuk memajukan olahraga di Indonesia.

Sementara itu Wakil Rektor 3 LSPR Institute, Taufan Teguh Akbari, menyampaikan bahwa LSPR (Wilderbeast) turut aktif berkegiatan “Cheerleading” sejak tahun 2018 dan sepanjang 2022 sudah berprestasi dijuara nasional hingga akhirnya dipilih dikejuaraan dunia 2023 ini mewakili Indonesia. Fakta yang menarik lainnya, LSPR Institute merupakan satu-satunya perguruan tinggi di Indonesia yang punya kegiatan unit kegiatan mahasiswa Cheerleading.

“Informasi menarik lainnya bahwa beberapa para mahasiswi yang tergabung dalam LSPR Cheerleading menyampaikan niat awal mereka ingin berkuliah di LSPR disebabkan karena adanya unit kegiatan mahasiswa Cheerleading,” ungkapnya.

Tak ketinggalan Coach Indra, yang sudah melatih LSPR Cheerleading sejak 2018 dan berjasa membawa LSPR Wilderbeast hingga berprestasi internasional menyampaikan bahwa kunci keberhasilan olahraga Cheerleading adalah pada kekuatan (strength), daya tahan (endurance), kerjasama tim yang solid, ketekunan, fleksibilitas dan didukung penuh oleh institusi perguruan tinggi.

Keikutsertaan dan prestasi LSPR Wilderbeast dalam ajang kompetisi Internasional tentunya berkontribusi terhadap perolehan angka (kum) prestasi kemahasiswaan dan tercatat di SIMKATMAWA.

Jika perguruan tinggi ikut kegiatan dan meraih prestasi internasional, pencatatan di SIMKATMAWA DIKTI dapat meningkatkan reputasi dan menunjukkan kontribusi positif LSPR dalam kancah internasional.

“Prosesnya melibatkan pengarsipan informasi kegiatan dan prestasi, yang nantinya dapat diakses dan diakui oleh DIKTI sebagai bentuk pencapaian mahasiswa dan institusi. LSPR Institute harus kedepannya akan terus mendorong berbagai kegiatan dan upaya agar lebih banyak hadir prestasi nasional serta internasionalnya kedepan. Salam Olahraga!,” tandasnya. (s handoko)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *