May 18, 2024

Jakarta, JNcom – J&T Express mengumumkan sepuluh pemenang UKM disabilitas beserta peringkat dalam program pemberdayaan Deliver Possibilities. Inisiatif Deliver Possibilities dijalankan bersama dengan komunitas pemberdayaan penyandang disabilitas, Menembus Batas dan didukung oleh Kemenkop UKM. Program ini berhasil menemukan ragam usaha kreatif yang meliputi fashion, kriya, F&B, dan lainnya. Para pemenang berhak mendapatkan hadiah berupa dukungan pendanaan usaha bagi bisnis mereka.

“Kami mengapresiasi setiap UKM disabilitas yang telah mengikuti program Deliver Possibilities. Kami percaya, setiap UKM memiliki keunggulannya masing-masing sehingga mereka berhasil menjalani proses seleksi hingga di titik akhir ini. Hasil program ini juga menjadi bukti bahwa UKM disabilitas Indonesia berdaya,” ujar Herline Septia selaku Brand Manager J&T Express.

Secara keseluruhan, pelaksanaan Deliver Possibilities berlangsung selama satu bulan. Dalam kurun waktu tersebut, kegiatan yang dilakukan mencakup pelatihan sebanyak enam kali yang dilakukan secara daring dan hybrid, pembuatan business plan oleh UKM yang lolos menjadi dua puluh (20) besar, dan penjurian yang dilakukan oleh para ahli seperti Mario Gultom – Founder of Sunyi Coffee, Yessie Natasia Mareti – Founder of Fashionistas, Yorri, Fuzz, Prima Raharjo – Fungsional Ahli Madya dari Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis, Kemenkop UKM dan Denny Lim – General Manager J&T Express.

“Keterbatasan fisik bukanlah hambatan untuk menggapai impian. Keberanian bukan ditentukan oleh fisik tapi tekad dalam hati yang kuat. Saya berharap, teman-teman dapat menjadi inspirasi bagi banyak orang dengan kekuatan tekad tersebut. Melalui program-program seperti Deliver Possibilities ini lah, saya yakin kita dapat mendukung UKM disabilitas menjadi lebih baik.” ujar Prima Raharjo, Fungsional Ahli Madya dari Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis, Kemenkop UKM.

Penentuan pemenang dinilai dari beberapa indikator. Indikator tersebut meliputi aspek pelatihan dan aspek penulisan proposal. Selain originalitas ide usaha yang dimiliki, para UKM yang lolos ke pembuatan proposal ditantang untuk dapat memaparkan business plan mereka dengan mempertimbangkan kriteria kelayakan, analisa, dan financial projection.

Kesepuluh pemenang membawa pulang bantuan wirausaha dengan total Rp150.000.000 yang akan dibagi berdasarkan klasifikasi tiga peringkat pemenang. Bagi UKM dengan peringkat pertama hingga ketiga, mendapatkan besaran hadiah senilai Rp20.000.000, untuk peringkat keempat dan kelima mendapatkan Rp15.000.000, dan selebihnya mendapat Rp12.000.000.

“Mewakili peserta yang lain, saya mengucapkan terima kasih untuk J&T Express sebagai perusahaan nasional dan multinasional yang masih memperdulikan teman-teman disabilitas. Kami sebagai penyandang disabilitas hadir bukan hanya untuk dikasihani, namun kami juga layak untuk mendapatkan kasih sayang dan dukungan.” ujar Sandy selaku pemilik Aroma Jiwa Perfumery.

Adapun daftar pemenang program Deliver Possibilities persembahan J&T Express dan Menembus Batas berdasarkan peringkat, meliputi:

  1. Athaya P Nirwasita (Athaya Art)
  2. Sandy (Aroma Jiwa Perfumery)
  3. Muhammad Ikhwan Tariqo (Dekardekor)
  4. Dewi Winarti Roro Shanti (Dewijaya Care)
  5. Sugeng Paijo (Jajanan Mamake)
  6. Riefky Dwi Julianto (Bu Anas Snack)
  7. Rismawan Yulianto (Kube Difaku)
  8. Nurul Endah Rosyita (R3n Coffee & Tea)
  9. Tasya Nurfitria (K Empire)
  10. Anik Puji Lestari (Khaulamp)      

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *