July 14, 2024

Jakarta, JNcom – Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) Jakarta Pusat menggelar Dialog Kebangsaan Lintas Agama 2023 dengan tema “Menuju Pemilu Damai 2024” pada Rabu (8/11)

Wakil Walikota Jakarta Pusat sekaligus Ketua Dewan Penasehat FKUB Jakarta Pusat, Chaidir, M.Si memberikan sambutan sekaligus membuka acara dialog yang digelar di Plaza Maria, Gereja Katedral, Jakarta Pusat.

Dalam sambutannya, Chaidir mengapresiasi terselenggaranya acara dialog ini.

“Saya berharap agar masyarakat khususnya pemuda terus menjadi penjaga estafet kerukunan umat beragama dari generasi ke generasi,”ujar Chaidir, M.Si seperti release yang diterima JURNALNUSANTARA.COM, di Jakarta, Kamis (09/11/2023).

Seperti diketahui dialog ini dihadiri oleh peserta dari berbagai macam organisasi pemuda lintas agama diantaranya IPNU Jakpus, IMM Jakpus, Pemuda LDII Jakpus, Pemuda Katolik, GMKI, Pemuda Papua, Pemuda Khonghucu, Hikmahbuddhi dan lainnya.

Adapun narasumber dalam dialog ini berasal dari perwakilan tokoh lintas agama yaitu Laksma TNI (Purn) Asep Saepudin (Mewakili Masjid Istiqlal), WS. Liem Liliany Lontoh, S.E., M.Ag (Ketua Matakin DKI Jakarta), Romo Mettiko (Walubi DKI Jakarta), Drs. Nengah Dharma (PHDI DKI Jakarta), Romo Albertus Hani Rudi Hartoko, Sj. (Kepala Paroki Katedral) dan Tak ketinggalan sebagai moderator sekaligus Ketua FKUB Jakarta Pusat Nanda Khairiyah M.Si.

Kesimpulannya para narasumber menggarisbawahi bahwa pemilu 2024 harus berlangsung damai, jujur, adil dan tidak boleh golput pada pesta pemilu nanti.

Dialog ditutup dengan doa, pemberian penghargaan kepada narasumber, pemberian penghargaan kepada peserta yang aktif dalam dialog dan pemberian hadiah untuk pemenang poster twibbon di Instagram FKUB Jakarta Pusat.(Han)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *