May 18, 2024

Jakarta, JNcom – Putri Batik Remaja Sumut 2023, Jeswita Yunda menghadiri Indonesia Sharia Ecomomic Festival 2023 yang diselenggarakan di Jakarta Convention Center, Kamis (26/10/2023).

Di usianya yang relatif muda belia, ia sudah menorehkan prestasi sebagai Putri Batik Remaja Sumut 2023. Gelar yang ia sandang tidak sekedar sebagai prestasi dan kebanggaan semata, melainkan sebagai sebuah tanggungjawab moral untuk mengkampanyekan kepada para remaja agar bangga menggunakan batik sebagai identitas kearifan lokal dan warisan budaya.

Jeswita mengatakan terus menambah pengalaman dan ilmu untuk lebih berprestasi lagi, meningkatkan kapasitas diri agar bisa menjadi inspirasi bagi teman-teman remaja lainnya.

“Tentu harus disiplin dan mengatur waktu secara produktif untuk belajar sembari mengkampanyekan gerakan bangga dan cinta batik di kalangan remaja” ucapnya.

Mengapa? Karena batik ini sudah mendapatkan pengakuan dari UNESCO sebagai warisan budaya Indonesia dan dunia yang harus dilestarikan. Siapa lagi kalau bukan para remaja-remaja sebagai generasi penerus bangsa dan negara Indonesia ke depannya.

Kemudian, jangan sampai batik lokal seperti dari Kota Binjai suatu saat diklaim oleh negara lain. Itulah sejak dini harus dibangun kesadaran dan tanggung jawab agar bangga menggunakan batik seperti Batik Rambutan khas Kota Binjai.

Pada momentum yang baik ini, saya juga akan mengikuti ajang pemilihan Putri Batik Remaja Indonesia. Mohon doa dan dukungan dari masyarakat Sumatera Utara agar saya bisa memenangkan sebagai juara satu. Hehehe, harus optimis dong, anak Medan gitu loh, tutupnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *