May 18, 2024

Depok, JNcom – Untuk memperkenalkan energi terbarukan kepada siswa dan siswi yang duduk di bangku sekolah dasar, Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia mengundang siswa dan siswi tingkat sekolah dasar dari 10 sekolah di Kota Depok. Kegiatan Pengabdian Masyarakat yang didanai oleh PPM Universitas Indonesia ini sukses digelar di SD Cahaya Hati Montessori, Depok, Kamis (5/10/2023).

Diketuai oleh Ayunda Aulia Valencia, S.T, M.T, dosen jurusan Geofisika dari Universitas Indonesia, kegiatan ini mengangkat tema energi terbarukan, yang terdiri dari dua kegiatan, yaitu pemaparan materi dan lomba.

“Energi terbarukan sangat dekat dengan kehidupan manusia, siswa dan siswi dari tingkat sekolah dasar sudah dapat mengenali sumber-sumber energi terbarukan yang ada di sekitarnya. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini, saya berharap dapat mendorong kesadaran anak-anak terhadap energi terbarukan dan potensinya untuk membangun Indonesia,” tutur Ayunda Aulia Valencia.

Pada kegiatan tersebut, siswa dan siswi diajak untuk mengenal tiga sumber energi terbarukan, seperti air, angin, dan cahaya matahari. Selama sesi penyampaian materi, peserta diajak untuk turut komunikatif dikarenakan penyampaian materi dilakukan secara dua arah. Sesi lomba yang dilakukan juga mendapatkan antusias yang tinggi dari para peserta. Para peserta aktif dalam menjawab soal-soal yang diberikan.

Salah satu peserta yang ikut hadir dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini, sekaligus pemenang dalam sesi lomba, Gibran, mengatakan bahwa dirinya sangat senang karena dapat berpartisipasi. “Baru pertama kali (mengikuti) lomba. Senang sekali bisa menang.” katanya dengan bahagia.

Kepala sekolah SD Cahaya Hati Montessori, Depok, Bu Nuniek, juga sangat senang dan antusias atas kegiatan pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di sekolah tersebut. Beliau menegaskan bahwa kegiatan pengabdian masyarakat seperti ini penting untuk dilakukan sehingga pengetahuan seputar energi terbarukan dapat semakin luas dan diketahui oleh masyarakat.

“Benar sekali bahwa energi terbarukan memang harus dikenalkan kepada siswa dan siswi sekolah dasar. Kalau mereka sudah familiar dan paham dari awal, nanti besarnya akan lebih baik.” tutur sang kepala sekolah tersebut.

Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Indonesia dan PPM Universitas Indonesia berkomitmen untuk terus mendukung kegiatan pengabdian masyarakat seperti yang telah terlaksana ini demi membangun masyarakat dalam menerapkan aplikasi ilmu pengetahuan ke arah yang lebih baik.

Ucapan Terimakasih kepada semua anggota tim yang terlibat dalam program pengabdian dan pemberdayaan
masyarakat ini diantaranya Ruth Emmanuela Prinscillia Sitanggang, Benita Aryani Hutahaean, Vania
Rosalie, dan Michael Topik Parsaoran. (Red)

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *