April 12, 2024

Jakarta, JNcom – Pameran International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) Kembali hadir untuk kedua kalinya pada tahun ini dengan bertajuk INACRAFT on October 2023. Sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara, pameran ini akan diselenggarakan pada tanggal 4-8 Oktober 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). Setelah sukses pada tahun 2022 lalu, INACRAFT on October tahun ini mempergunakan seluruh Hall di JCC (± 18.862 m²).

INACRAFT on October merupakan seri dari INACRAFT dengan konsep pameran baru yang kekinian dengan ambience look & feel yang berbeda serta showcase produk yang sudah terkurasi melalui proses seleksi yang baik. Dengan tema tetap “From Smart Village to Global Market”, INACRAFT on October 2023 memberikan nuansa baru yang menghadirkan konsep youth bagi para INACRAFT enthusiast & loyalist untuk selalu up-to-date dengan brand INACRAFT. Tampilan yang berbeda diharapkan menjadi penyegaran pameran setelah melewati dua dekade dengan refresh konsep termasuk kehadiran insight program khusus, Talam INACRAFT. Tidak hanya dari segi program, namun konsep baru INACRAFT kali ini juga menghadirkan area booth baru yaitu Youth Corner.

Seri kedua INACRAFT ini, memberikan kesempatan dan peluang kepada para pelaku usaha muda di seluruh Indonesia sebagai wadah untuk memamerkan hasil karya anak bangsa ke kancah internasional, serta menambah eksistensi pameran INACRAFT sebagai salah satu pameran kerajinan tangan terpopuler dan terlengkap di Indonesia yang terus menyesuaikan dengan tren saat ini.

Sebagai pameran bertaraf internasional, Asosiasi Eksportir dan Pengusaha Handicraft Indonesia (ASEPHI) bekerja sama dengan Mediatama Event bertujuan untuk memfasilitasi dan mempromosikan produk-produk kerajinan lokal agar dapat berkompetisi dengan produk internasional.

INACRAFT terus mengembangkan potensinya sebagai benchmark kerajinan nasional dengan cara menggandeng perajin muda, youth & millenium artisans, dan peserta luar negeri negara sahabat sebagai wujud bangkit setelah pandemi dan kekuatan UKM Indonesia menjadi bagian dari Worldpreneur Citizen.

Pameran INACRAFT di bulan Oktober ini menampilkan paviliun ikon dari Pemerintah Kota Pekalongan bersama dengan 10 island di area Main Lobby dan 16 island di Lobby Hall A. Selain itu, INACRAFT on October 2023 akan diikuti oleh 772 booth yang terdiri dari Anggota ASEPHI, 21 peserta binaan BUMN, 18 peserta binaan Dinas/Dekranasda, peserta internasional dari negara-negara sahabat, dan dihadiri visitor/tamu baik nasional maupun internasional. Pameran INACRAFT menargetkan 100.000 pengunjung dengan target transaksi retail sebesar 50 milyar rupiah dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD 1 juta.

INACRAFT On October 2023 dibuka secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia, Bapak Ir. Joko Widodo yang dilaksanakan pada hari Rabu, 4 Oktober 2023 pukul 09.00 WIB di Assembly Hall JCC. Pengunjung pameran disuguhkan dengan berbagai acara menarik, seperti Craft Talk, Craft Workshop, Fashion Show dan Art Performance by Minangkabau Heritage, Emerging Award, dan Music Performance.

“Saya melihat dari tahun ke tahun pameran INACRAFT ini makin baik dan makin menarik karena brand-nya sudah kita kenal semuanya sebagai salah satu pameran produk kerajinan terbesar di Asia Tenggara yang selalu konsisten menampilkan kreasi-kreasi terbaik dan kreasi-kreasi tersebut semuanya dikurasi, semuanya diseleksi secara ketat dan selektif,” ujar Presiden.

Lebih lanjut, Kepala Negara memandang bahwa penyelenggaraan INACRAFT tahun ini juga sedikit berbeda dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Hal tersebut dirasakan antara lain dari tampilan suasana dan produk-produk yang ditampilkannya.

“INACRAFT tahun ini saya secara sepintas tadi mengamati memang agak berbeda. Ambience look dan feel-nya juga beda, showcase dan produk-produk lebih bagus,” imbuhnya.

Di samping itu, Presiden Jokowi juga mengapresiasi pameran INACRAFT yang memberikan ruang khusus bagi anak-anak muda dan perajin muda. Dengan demikian, pameran INACRAFT juga menyasar target segmen generasi Z untuk menampilkan karya-karya kreatif mereka. “Ini sebuah inisiatif yang baik karena potensi kreatif anak-anak muda kita sangatlah besar. Dengan kehadiran anak-anak muda ini saya makin optimistis bahwa negara ini akan makin baik,” tandasnya.

Turut mendampingi Presiden dalam acara tersebut yaitu Ibu Iriana Joko Widodo, Menteri Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Teten Masduki, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno.

Event ini pada kali ini mengangkat tema YOUTHPRENEUR, Creativity & Collaboration. INACRAFT on October mencoba keluar dari pakem yang massif dan konvensional. Kami mencoba terobosan konsep ke visual dengan segment memfasilitasi Generasi Z. Tahap pertama ini kami coba di 20% total peserta. Kami juga mengombinasikan kuliner dan handicraft dalam format bertajuk Talam Inacraft Tasty Indonesia yang diisi 68 booth peserta di 2 arena Mezzanin dan Lobby B,” ucap Muchsin Ridjan, Ketua Umum BPP ASEPHI.

Muchsin Ridjan menambahkan, acara INACRAFT on October yang berlangsung pada tanggal 4-8 Oktober 2023, pada tahun ini juga telah menyelenggarakan pre-event dengan nama program “Road to INACRAFT” yang menghadirkan showcase berbagai produk kerajinan tangan, live music performance, serta sharing session yang membahas terkait INACRAFT dan topik-topik menarik lainnya seputar kerajinan khas Indonesia. “Road to INACRAFT” telah diselenggarakan di dua kota yaitu Bandung dan Jakarta tepatnya pada 21 September 2023 di Filosofi Kopi Braga, Bandung dan 29 September 2023 di Sarinah, Jakarta.

INACRAFT on October 2023 didukung oleh Bank Negara Indonesia sebagai sponsor. Tersedia layanan Konsultasi Kekayaan Intelektual dari Ditjen Kekayaan Intelektual Kemenkumham dan Layanan Pajak dari DJP Jakarta Selatan. Tak hanya itu, terdapat juga Official Partner seperti Emporium Pluit Mall dan Grand Metropolitan Bekasi sebagai Official Mall Partner, Hotel Sultan dan Hotel Atlet Century Park sebagai Official Hotel Partner, Alia Hospital sebagai Official Hospital Partner, serta layanan Jasa Titipan (Jastip) untuk pengiriman ekspor bersama Vissasa Paramanati sebagai Official Freight Forwarder.

Pameran INACRAFT on October 2023 dibuka untuk umum mulai pukul 10.00 s.d. 21.00 WIB dengan tiket masuk sebesar IDR 25K yang dapat dibeli secara langsung pada ticket box di pintu masuk pameran. Informasi dan agenda kegiatan lainnya dapat dilihat pada laman digital www.inacraft.co.id, serta akun official media sosial @weareinacraft di Instagram & Tiktok, INACRAFT di Facebook, serta Youtube Channel We Are INACRAFT. (Chris)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *