May 18, 2024

Jakarta, JNcom – Isu mengenai lingkungan akhir-akhir ini harus mendapatkan perhatian serius dari semua pihak. Memburuknya kualitas udara di Jakarta misalnya merupakan bagian dari isu strategis yang harus diatasi bersama.

Hal tersebut disampaikan Sekjen Taruna Merah Putih (TMP), Rio Dondokambey usai menyelenggarakan acara diskusi bertema “Green Living: Merawat Bumi Ala Anak Muda”, Senin (2/10/2023) di Jakarta.

Diskusi menghadirkan narasumber yaitu Eko Cahyono, M.Si (Peneliti dan Pegiat Sajogyo Institut), Adam Kurniawan (Public Engagement Eksekutif Nasional WALHI), dan Putu Ayu Saraswati (Environmental Activist/Puteri Indonesia Lingkungan 2020).

“Kita butuh kesadaran tidak hanya teori tetapi juga mempraktekkannya. Tentunya kegiatan diskusi ini diharapkan dapat dilanjutkan secara praktek dengan kegiatan langsung turun ke lapangan untuk mendukung program ini,” ujar Rio.

Saat ini, tambah Rio, saya melihat banyak generasi millenial dan Gen-Z yang sadar akan pentingnya isu lingkungan ini. Namun, belum banyak yang tahu cara memulainya dan langkah-langkah apa saja yang harus kita lakukan.

“Adanya contoh dari pemerintah sebenarnya dapat memaksimalkan kesadaran. Sementara kita harus memulainya dengan membiasakan diri sehari-hari seperti kebiasaan menggunakan alat untuk minum atau kebiasaan menanam pohon dan lainnya,” jelas Rio.

Ia berharap ke depan kondisi lingkungan lebih baik lagi dan program-program lebih banyak lagi untuk keberlangsungan lingkungan yang baik. (my)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *