June 17, 2024

Jakarta, JNcom – Floriculture Indonesia International (FLOII) Expo merupakan pameran tanaman hias taraf internasional terbesar di Indonesia yang diadakan oleh kolaborasi asosiasi Pencinta Florikultura Indonesia, Indonesian Aroid Society, dan PT Fasen Creative Quality.

Acara tersebut akan hadir untuk ke-2 kalinya, dilaksanakan pada 28 September sampai 1 Oktober 2023 di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

FLOII Expo 2023 mengambil tema “Rooted in Tradition, Blooming in Innovation”. Event ini menjadi wadah bagi inovasi dalam teknologi sistem pertanaman, landscape, dan pengembangan pada area lainnya.

Liferdi Lukman, Direktur Buah dan Florikultur Dirjen Hortikultura Kementan RI mengatakan, Indonesia merupakan sumber tanaman tropis yang hanya ada di Indonesia saja. Tanaman tropis Indonesia sangat menarik. Dipasaran tanaman tropis internasional, sangat terkenal tanaman Indonesia.

“Hari ini mulai giat lagi dunia tanaman tropis. Kami berharap pameran tanaman ini bisa mengangkat sektor holtikultura Indonesia. Ekspor tanaman holtikultura Indonesia semakin maju. Holtikultura harus bisa mengikuti perkembangan jaman. Diperlukan kreatifitas dalam memajukan holtikultura Indonesia. Semoga ini menjadi event rutin kedepannya. Mari sama-sama bergabung para pelaku bisnis holtikultura di Indonesia, ” ujarnya dalam Press Conference di Jakarta, Selasa (01/08/2023).

Hadir dalam acara tersebut, Liferdi Lukman (Direktur Buah dan Florikultur Dirjen Holtikultura Kementerian Kehutanan RI), Michael Bayu Sumarijanto (Presdir PT. Fasen Kreatif Quality-Dyandra Event Solution), Agustinus Gunawan (Indonesiaan Aroid Society) dan pihak penyelenggara acara.

Ditempat yang sama Michael Bayu Sumarijanto, Presdir PT. Fasen Kreatif Quality menjelaskan, Kekayaan tanaman Indonesia dikarenakan memiliki iklim yang cocok untuk tanaman Indonesia. Event ini juga mendukung ekonomi hijau Indonesia kedepannya. Potensi ini perlu di develop. Melalui FLOII event ini dapat memajukan holtikultura Indonesia.

“Dari pengalaman event tahun lalu, ternyata banyak pencinta tanaman dari berbagai kalangan yang hadir dan juga nilai transaksi penjualan tanaman sangat bagus, sehingga hal inilah yang mendasari kita mengadakan event FLOII event 2023 nanti,” harapnya.

Sementara itu Agustinus Gunawan (Indonesia Aroid Society) menuturkan bahwa melalui FLOII, IAS menampung aspirasi rekan-rekan pencinta tanaman holtikultura Indonesia. “Kita juga mewadahi untuk para pencinta tanaman, sehingga bukan sekedar memamerkan tanaman, juga bisa menjadi pasar tanaman FLOII Cultura di Indonesia. Kami berharap tahun ini akan banyak lagi peserta pameran yang ikut dan pecinta tanaman bisa datang ke event nantinya, ” pungkasnya. (Red/my)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *