June 17, 2024

Tangerang, JNcom – Sebanyak 3.056 perwira tranportasi laut dilantik oleh Kepala Badan Pengembangan SDM Perhubungan, Djoko Sasono, di lapangan besar politeknik pelayaran banten, Selasa (25/7/2023).

Para perwira yang dilantik terdiri dari Program Pelaut Peningkatan I, II, III, IV, dan V dan Program Pelaut Pembentukan III, IV serta Diploma III Politeknik Pelayaran Banten, Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran Jakarta Dan Balai Besar Pendidikan Penyegaran Dan Peningkatan Ilmu Pelayaran Jakarta.

Lulusan Program Diklat Pelaut Peningkatan I, II, III, IV, V dan Program Pembentukan III, IV serta Diploma III yang dilantik pada hari ini, telah mengikuti pendidikan dan pelatihan sesuai IMO Model Course 7.01, 7.02, 7.03 dan 7.04 dengan sistem dan metode pembelajaran sesuai masa studi masing-masing.

Mengusung tema “Perwira Transportasi Laut yang Profesional, Inklusif dan Kolaboratif Mendukung Tata Kelola Transportasi Hijau Berkelanjutan” upacara pelantikan dan pelepasan hari ini sejalan dengan tema Hari Pelaut Sedunia 2023 yaitu “Seafarers Contribution to Protecting the Marine Environment” yang berarti “Kontribusi Pelaut dalam Menjaga Lingkungan Laut”.

Hal ini memberi pemahaman secara inklusif kepada masyarakat, khususnya sektor maritim untuk berkolaborasi membangun keselarasan langkah dalam mengawal isu-isu perubahan iklim. Tema tersebut diatas merupakan bentuk dukungan terhadap 17 Target Sustainable Development Goals (SDGs) atau Tujuan Pembangunan Berkelanjutan yang disepakati oleh negara negara PBB hingga 2030.

Oleh karena itu Pelaut memiliki kontribusi penting dalam menjaga keberlangsungan lingkungan laut dari berbagai pencemaran yang terjadi dari aktifitas kapal. Selain itu Pelaut juga memiliki peranan dalam distribusi barang-barang kebutuhan pokok penting, logistik, dan peralatan medis agar mampu menjangkau seluruh dunia.

Kepala BPSDM Perhubungan dalam amanatnya menyampaikan agar para pelaut dapat memberikan pengabdian dan berkontribusi dalam membangun sector transportasi laut.

“Saya berpesan untuk para perwira transportasi yang baru dilantik hari ini bahwa dalam pengabdian membangun sektor transportasi laut dimanapun saudara berada teruslah berkontribusi untuk melindungi laut sebagai masa depan kita semua.” ujarnya.

Hal yang tak kalah menarik dalam upacara pelantikan dan pelepasan perwira transportasi kali ini adalah penyerahan rekor muri oleh museum rekor – dunia Indonesia dengan peraihan Wisuda program vokasi terbanyak dari sekolah kedinasan kementerian perhubungan Republik Indonesia. Kepala BPSDM Perhubungan menerima simbolis penyerahan piagam dan medali rekor muri secara langsung.

Pertunjukkan marching band Gempita Swara Bahari Politeknik Pelayaran Banten, pertunjukkan music angklung serta barongsai juga menjadi atraksi yang tak kalah menarik perhatian bagi seluruh tamu hadirin. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *