Hati-Hati Link Promo Palsu Pembelian Mobil

Astra Financial Memberikan Tips Terhindar dari Penipuan Link Palsu

Jakarta, JNcom – Astra Financial sebagai divisi jasa keuangan PT Astra International Tbk menghimbau masyarakat untuk mewaspadai penipuan link yang disebarluaskan melalui pesan singkat, yang kemudian mengarahkan ke halaman palsu mengatasnamakan Astra Financial yang menawarkan kendaraan bekas dengan harga murah.

Harap diwaspadai bahwa Astra Financial tidak memiliki dan menawarkan produk ataupun promo seperti yang ada dalam link yang dimaksud. Seluruh produk dan promo hanya dihadirkan oleh layanan dari Unit Bisnis Astra Financial, yaitu: FIFGROUP, Astra Credit Companies (ACC), Toyota Astra Financial Services (TAF), Asuransi Astra, Astra Life, Komatsu Astra Finance (KAF), Surya Artha Nusantara Finance (SANF), Astra Venture, Bank Jasa Jakarta,Moxa, SEVA, Maucash, AstraPay, dan Dana Pensiun Astra.

“Kami menghimbau masyarakat untuk tetap waspada terhadap berbagai penipuan berupa pengiriman link yang memberikan penawaran promo pembelian kendaraan yang mengatasnamakan Astra Financial. Penipuan dengan modus ini sering kali menjanjikan harga murah yang menggiurkan, namun sebenarnya bertujuan untuk merugikan korban secara finansial dan melanggar privasi, karena penipu terlebih dahulu meminta korban untuk mentransfer sejumlah uang. Untuk itu, Astra Financial mengajak masyarakat untuk mengenali modus-modus penipuan link palsuagar tidak mengalami kerugian,” ujar Direktur Astra Financial Handoko Liem melalui siaran persnya, Selasa (25/7/2023).

Dalam melakukan penipuan melalui link palsu, jelasnya, oknum melakukan berbagai modus agar korban terjerat penipuan, salah satunya dengan menawarkan promo pembelian mobil tarikan leasing dengan harga murah di bawah pasar. Agar korban semakin percaya terhadap penipuan tersebut, oknum menggunakan logo Astra Financial pada link palsu berupa formulir pendaftaran palsu yang meminta korban untuk mengisi data diri yang bersifat pribadi, seperti alamat, nomor telepon, dan foto KTP. Setelah itu, oknum akan mengarahkan korban untuk melakukan pembayaran kepada oknum melalui uang elektronik Grup Astra Financial, yaitu Astrapay.

Apabila menerima penipuan link palsu dengan modus seperti di atas, Astra Financial memberikan tips sebagai berikut:
1. Jangan mudah percaya dan langsung mengklik link tersebut. Astra Financial hanya mendistribusikan informasi resmi terkait perusahaan melalui website resmi, yaitu astrafinancial.co.id.
2. Jangan berikan data yang bersifat pribadi, seperti nomor telepon, alamat, KTP, dan email. Astra Financial tidak pernah meminta data pribadi, seperti nomor rekening dan kata sandi, melalui SMS, telepon, atau email.
3. Apabila merasa dirugikan, segera laporkan kepada pihak berwajib untuk menindaklanjuti kasus penipuan tersebut. (**)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *