Rizky Febian & Para Juri TikTok Gimme The Mic: Penyanyi Bisa Kreasi Jadi Keunikan Sendiri

Hiburan343 Views

Jakarta, JNcom – Ajang kompetisi nyanyi berskala nasional ini mencari bakat-bakat tersembunyi selama ini yang ada di diri para kreator konten TikTok. Tiga penyanyi Indonesia ternama yaitu Rizky Febian, Tantri Kotak, dan Budi Doremi menjadi juri di ajang kompetisi nyanyi TikTok Gimme The Mic.

Rizky Febian mengatakan, punya kriteria tersendiri dalam menyaring bakat tersembunyi para kreator TikTok. Penyanyi bukanlah sekadar bisa bernyanyi dan punya suara indah.

“Seorang penyanyi sejatinya bisa membawakan setiap lagu dengan baik. Pesan-pesan yang ada di dalam lagu menyentuh bisa sampai dan kena di hati para penonton. Dibutuhkan penghayatan yang lebih dan bisa menyampaikan isi lagu ke para penonton itu sangatlah penting,” ungkapnya dalam konferensi pers TikTok secara virtual, Selasa (11/7/2023) sore.

“Seorang penyanyi pun harus bisa menjadi dirinya sendiri. Mereka seharusnya bisa menjadikan ajang kompetisi nyanyi ini untuk penampilkan jati diri yang sebenarnya,” menurut Iky sapaan akrab Rizky cukup penting.

“Selama ini acap kali dirinya melihat para peserta lomba nyanyi yang justru menjadi orang lain. Mereka sibuk mencari referensi dari para penyanyi terkenal dan menampilkannya secara langsung,” ujarnya.

Menurutnya, boleh-boleh saja mencari sumber idari penyanyi top lain sebagai inspirasi. Cobalah untuk tidak meniru full 100 persen. Maksudnya, ada adaptasi ataupun hasil kreasi sendiri yang ditampilkan sehingga menjadi keunikan bagi setiap calon penyanyi.

Juri lainnya Budi Doremi mengatakan hal senada. Menurutnya, menjadi diri sendiri dalam bernyanyi itu penting. Budi pun ingin setiap para peserta bisa bernyanyi sesuai dengan keunikannya masing masing.

Selain itu Budi pun mengungkapkan, saat ini penyanyi mesti bisa berkarya dengan karyanya sendiri. Tentunya hal ini akan menjadi nilai jual yang lebih dan juga jadi poin plus baginya dibanding peserta lain. Seorang penyanyi berbakat mesti bisa mengeksplor kemampuannya dalam menciptakan lagu, bukan hanya olah vokal semata.

“Saya ingin tahu seberapa banyak penyanyi yang bisa punya lagunya sendiri. Ini akan jadi poin plus,” tuturnya.

“Kendati demikian, bernyanyi dan menyanyikan lagu sendiri bukanlah kewajiban di kompetisi ini. Namun, jika ada yang berani melakukannya dan berhasil memikat juri, tentunya akan mendapatkan poin tambahan,” tandasnya.

Sementara itu, Tantri Kotak pun menuturkan, saat ini penyanyi dengan suara yang merdu sudah banyak. Bahkan, saat ini suara merdu hanya menjadi kriteria dasar yang mesti dimiliki penyanyi dan bukan poin utama lagi.

Menurut Tantri bahwa jika ingin menjadi penyanyi yang besar, sebaiknya mereka mulai memikirkan karakter. Penyanyi yang bisa membawakan sebuah lagu dengan karakter dia yang kuat adalah poin plus baginya.

“Kemudian, seorang penyanyi juga mesti bisa menguasai panggung. Jadi, bukan hanya menghibur dengan suara saja, tetapi juga bisa menyajikan performance yang memikat di atas panggung. Hal ini kiranya menjadi point penting yang mesti dimiliki oleh para peserta,” ucapnya.

Kompetisi TikTok Gimme The Mic ini telah berlangsung sejak kemarin, tepatnya 9 Juli 2023. Adapun proses seleksi terus dilakukan hingga babak akhir yang akan digelar September mendatang.

Dalam kesempatan itu, Agna Pradisti Putri selaku Content, Event, Partnership and Product Operation Lead TikTok Live Indonesia mengatakan, kompetisi ini terbuka bagi siapa pun yang ingin menunjukkan bakat dan karyanya. Kompetisi ini diharapkan bisa menjadi ajang mengekspresikan diri para kreator konten di TikTok.

“Kami berharap para talenta baru yang berhasil kami temukan dari kompetisi ini, nantinya dapat tumbuh dan berkembang guna meramaikan industri musik di tanah,” pungkasnya.

Para peserta yang tertarik masih bisa mengikuti dengan mendaftarkan diri di https://bit.ly/gimmethemicindonesia. Para peserta bisa mengirimkan unggahan konten video pendek yang menunjukkan bakatnya dan menyertakan tagar #GimmeTheMic dan #GimmeTheMic_Indonesia.

Tim Juri nantinya akan memilih 80 peserta dengan unggahan terbaik untuk mengikuti audisi online  yang diselenggarakan melalui fitur Multi-guest di TikTok Live. Selanjutnya, akan dipilih dan diundang 20 peserta untuk mengikuti babak penyisihan secara langsung di Jakarta. Kemudian, akan ada finalis terpilih 12 peserta yang akan tampil di salah satu stasiun televisi swasta dan barulah dipilih pemenang season ini.

Kompetisi Gimme The Mic untuk Juara Utama akan mendapatkan kesempatan mendapatkan berbagai hadiah menarik berupa uang tunai, kesempatan rekaman single, serta berkesempatan mewakili Indonesia di kompetisi global Gimme The Mic bersama pemenang dari negara lainnya. (Guffe).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *