April 12, 2024

Jakarta, JNcom – Di tengah hadirnya berbagai film baru, kadang-kadang film-film masterpiece atau blockbuster yang lama juga masih menarik untuk ditonton kembali. Apalagi kalau filmnya sedang di-remake, punya sequel baru, atau semata karena jalinan ceritanya memberikan nostalgia tersendiri bagi kita.

Tapi film-film yang lama tentu memiliki kualitas gambar tak sebaik film-film masa kini. Untuk itulah, Samsung baru-baru ini meluncurkan Neo QLED 8K TV yang menghadirkan teknologi AI Upscaling yang dapat meningkatkan kualitas gambar video lama menjadi setara 8K.

“Neural Quantum Processor 8K dari Samsung secara ‘ajaib’ akan mengubah konten apa pun menjadi setara 8K yang berkualitas tinggi, dengan tekstur lebih baik, detail yang lebih kaya, dan noise minimal. Penambahan 44 neural networks menjadi 64 pada tahun ini membuat kemampuan AI Upscaling di Samsung Neo QLED 8K TV meningkat drastis untuk melakukan upscaling secara lebih presisi dan akurat. Anda dapat menikmati kembali konten-konten memorable-mu dengan tampilan lebih memukau di kenyamanan rumah Anda,” kata Ubay Bayanudin, Head of Product – AV Business, Samsung Electronics Indonesia.

Bagaimana caranya Samsung Neo QLED 8K TV melakukannya?

#1 Upscaling Lebih Presisi dan Akurat dengan ‘Otak’ AI yang Lebih Banyak
Fondasi dari kemampuan meningkatkan konten standar menjadi setara 8K pada Neo QLED 8K TV terletak pada teknologi Neural Quantum Processor 8K yang dibantu oleh kecerdasan buatan (AI). Samsung memperkenalkan teknologi 8K AI Upscaling ini sejak 2019.

Tahun lalu, fitur ini memiliki 20 neural network untuk menganalisis konten dan meningkatkan kualitasnya. Tahun ini, Samsung menambahkan 44 neural network lagi menjadi 64, sehingga kemampuannya dalam melakukan upscaling jadi lebih presisi dan akurat. Pada dasarnya neural network adalah ‘otak’ dari machine learning dalam teknologi AI untuk mempelajari berbagai pola data secara mandiri.

Cara kerja 8K AI Upscaling adalah dengan mengumpulkan dan mempelajari berbagai macam karakteristik konten berdasarkan jenisnya dan kemudian menyimpannya di dalam database. 8K AI Upscaling lalu menggunakan database itu untuk memproses jenis gambar yang serupa menjadi lebih tinggi resolusinya serta mengurangi kerusakan gambar atau noise.

#2 Nikmati di Layar yang Memukau dan Nyaman di Mata
Setelah kualitas gambar ditingkatkan, maka berikutnya adalah menontonnya di layar yang mampu menghadirkan konten beresolusi tinggi dalam kualitas terbaiknya. Samsung Neo QLED 8K TV merepresentasikan puncak dari TV premium yang mampu menghadirkan gambar memukau.

Layar Samsung Neo QLED 8K TV tahun ini disusun dari total 33 juta piksel, empat kali jumlah piksel yang ditanamkan di layar 4K. Dengan begitu, Anda akan menyaksikan gambar dengan kualitas yang luar biasa.

Quantum Matrix Technology Pro dengan 14-bit HDR contrast akan menciptakan kontras yang tinggi dan gambar yang sangat realistik. Setiap detail terkecil sekalipun akan ditampilkan dengan lebih jelas dan lebih tajam. Lalu, algoritma AI dari Real Depth Enhancer Pro akan menemukan di bagian mana Anda lebih fokus dan meningkatkan kedalamannya, sebagaimana mata manusia. Anda akan merasakan efek 3D yang membuat Anda larut dalam tayangan.

Fitur baru Auto HDR Remastering yang menggunakan teknologi AI berbasis deep learning, akan menganalisis konten SDR dan HDR, lalu meningkatkan kontras, warna, dan kecerahan pada konten SDR ke level HDR untuk menghasilkan video yang tajam dan kaya warna. Warna-warna pada Neo QLED 8K sendiri sudah divalidasi oleh Pantone, sehingga Anda akan menikmati tayangan dengan warna-warna yang akurat dan realistik.

#3 Nikmati dalam Kenyamanan Maksimal
Kini Anda bebas menikmati binge watching film atau konten-konten yang sudah ditingkatkan dari ruang keluarga Anda yang nyaman. Tetapi, menonton dalam jangka waktu yang lama dapat membuat mata lelah. Untuk menjawab persoalan ini, Samsung Neo QLED 8K sudah dilengkapi fitur EyeComfort dan anti-reflection.

Eye-Comfort Mode akan menyesuaikan kecerahan layar berdasarkan pencahayaan di lingkungan TV berada. Fitur ini juga bekerja dengan memanfaatkan data cuaca, waktu matahari terbit dan terbenam di Indonesia. Dengan mengaktifkan fitur ini, Anda dapat menonton tayangan dengan tingkat kecerahan yang sesuai.

Kenyamanan mata juga makin terjaga dengan fitur Anti Reflection yang akan mengurangi pantulan cahaya dari berbagai sudut manapun di ruangan. Jadi dari mana pun kita menonton, tampilan di layar akan tetap terlihat jelas dan mata akan tetap terasa nyaman.

#4 ‘Tenggelamkan’ Diri dalam Audio Menakjubkan
Neo QLED 8K sudah diperkuat speaker multi-direction berteknologi Dolby Atmos dan fitur Object Tracking Sound Pro (OTS Pro) untuk menciptakan 3D surround sound yang dinamis. Suara yang dikeluarkan seakan bergerak mengikuti adegan demi adegan.

Agar semakin imersif, Neo QLED 8K juga sudah dibekali fitur Q-Symphony 3.0 yang akan mengharmonsasikan suara yang dikeluarkan speaker TV dengan Samsung Soundbar HW-Q990C. Kombinasi ini akan membuat sound film yang sedang ditonton terasa powerful. Hadirkan bioskop mini yang bisa Anda nikmati bersama keluarga di rumah Anda.

#5 Berbagi Konten dengan Keluarga
Bernostalgia dengan film-film lama atau konten pribadi tak mesti membuat anggota keluarga lainnya kehilangan kesempatan menikmati konten favorit mereka sendiri. Dengan layarnya yang luas dan hadirnya fitur Multi View, layar Neo QLED 8K bisa di-split menjadi empat splitscreen untuk menampilkan empat konten yang berbeda secara bersamaan.

Sambil Anda menikmati tayangan blockbuster kesayangan, anak-anak misalnya bisa menikmati gaming di layar lainnya. Betul-betul memberikan kebebasan kepada setiap orang untuk menikmati hiburan dalam versi mereka sendiri.

Itulah lima cara Samsung Neo QLED 8K terbaru menghadirkan pengalaman dan kenyamanan dalam menikmati konten-konten memorable Anda. Anda sudah bisa mendapatkan TV yang didesain dengan bezel super tipis dan body yang ramping ini dalam tiga model, yaitu QN900C (85 inci), QN800C (75 inci), QN700C (65 inci dan 55 inci) dengan harga mulai dari Rp27.999.000 sampai dengan Rp129.999.000 di Samsung.com dan gerai resmi lainnya. (Red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *