PT Perdana Gapuraprima Tbk Fokuskan Pengembangan dan Investasi Bisnis Properti

Jakarta, JNcom — PT Perdana Gapuraprima Tbk (Perseroan) (IDX : GPRA) adalah Perseroan yang sudah lebih dari 35 tahun bergerak di bidang industri pengembang properti dan memiliki portofolio proyek pengembangan kawasan hunian dan komersil untuk segmen pasar menengah dan ke atas.

Kegiatan usaha Perseroan saat ini lebih difokuskan pada pengembangan dan investasi bisnis properti. Perseroan telah mengembangkan beberapa proyek baru, berupa landed house dan apartemen di beberapa lokasi di Jabodetabek, seperti Perumahan Bukit Cimanggu City di Bogor, Perumahan Metro Cilegon, Apartemen Bellevue Place di MT Haryono, Villa & Condotel Residential Bhuvana di Ciawi.

Perseroan akan mengembangkan proyek baru yaitu The Botanica di Bogor dan Cengkareng. Perseroan juga berencana untuk proyek mendatang yang berada di Rajeg Mulia Tangerang dan di Cijayanti Sentul. Sedangkan untuk recurring income Perseroan juga memiliki beberapa hotel, diantaranya Hotel & Villa Horison Ultima Bhuvana Ciawi Bogor, Grand Anyer Palazo Boutigue Resort by Naraya, Hotel Horison Grand Serpong, dan The Bellezza Suites by Nemuru.

Pada hari ini, Kamis 22 Juni 2023 Perseroan telah mengadakan Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) & Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) untuk tahun buku 2022 yang diadakan di Bellezza Permata Hijau Jakarta Selatan. RUPSLB & RUPST telah dihadiri oleh Pemegang Saham Perseroan dalam jumlah yang memenuhi korum kehadiran sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Walaupun ditengah situasi perekonomian global yang tertekan dengan berbagai tantangan akibat gejolak geopolitik dunia di tahun 2022 yang memperburuk perekonomian global dan ancaman resesi serta inflasi yang tinggi, namun Kinerja keuangan Perseroan telah mencatatkan hasil yang positif sepanjang tahun 2022.

Perseroan berhasil mencatatkan penjualan Rp370,38 miliar pada tahun 2022, sedikit turun 17,10% dibandingkan dengan tahun sebelumnya, namun berhasii mencatatkan peningkatan laba kotor 15,28% menjadi Rp235,94 miliar, dibandingkan tahun sebelumnya sebesar Rp204,67 miliar. Perseroan berhasil mencatatkan laba bersih tahun berjalan Rp76,36 miliar, meningkat 54,14% dibandingkan dengan tahun 2021 sebesar Rp49 54 miliar.

Berdasarkan komposisi penjualan, segmen residensial memberikan kontribusi 65,28%, dimana 95% konsumen menggunakan KPR (Kredit Pemilikan Rumah). Sedangkan segmen properti komersial memberikan koniribusi sebesar 34,7% dari jumlah penjualan, dimana hanya sebesar 30% konsumen yang menggunakan fasilitas KPA (Kredit Pemilikan Apartemen).

Walaupun penjualan Perseroan pada tahun 2022 mengalami penurunan sehingga tidak mencapai target yang ditetapkan, namun Perseroan berhasil melakukan efisiensi biaya sehingga menghasilkan peningkatan laba bersih yang signifikan dengan pencapaian sebesar 146,799 dari target yang ditetapkan.

Kineran tahun 2022
Kinerja Perseroan dapat terlihat dari realisasi/pencapaian dibandingkan dengan target yang ditetapkan pada awal tahun. Secara keseluruhan, Perseroan berhasil mencapai seluruh target yang ditetapkan. Untuk tahun 2022 Perbandingan tersebut dapat terlihat pada tabel berikut ini :

 

Key highlights dari RUPST diantaranya adalah telah disetujuinya Laporan Tahunan Tahun 2022 atas kinerja keuangan Perseroan serta pengesahan atas Laporan Keuangan konsolidasian Perseroan yang terdiri dari Laporan Posisi Keuangan Konsolidasian dan laporan Perhitungan Laba Rugi Dan Penghasilan Komprehensif Lain Konsolidasian untuk buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2022 yang telah diaudit oleh Kantor akuntan Publik Kosasih, Nurdiyaman, Mulyadi, Tjahjo & Rekan. (red)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *