by

Bangkitkan Semangat Pariwisata, AJTM 2022 Kembali Digelar

Jakarta, JNcom – Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan menegaskan bahwa sektor pariwisata berkontribusi bagi pemasukan daerah dan pemasukan negara dengan cepat sehingga harus dikembangkan secara konsisten agar mampu menarik wisatawan baik domestik maupun internasional. Hal tersebut disampaikan Anies secara virtual pada acara pembukaan Asita Jakarta Travel Mart (AJTM) 2022 dengan tema “Pariwisata Jakarta dengan Fokus Wisata Bahari, Kepulauan Seribu”, Rabu (28/9/2022) di Hotel Swiss Belinn Kemayoran, Jakarta.

“Jakarta punya ratusan obyek wisata yang menarik yang sangat potensial, salah satunya adalah wisata bahari di Kepulauan Seribu. Semoga kegiatan ini bisa bermanfaat bagi kita semua, berjalan dengan baik dan sukses,” ujar Anies.

AJTM kali ini diikuti sebanyak 58 perusahaan terkait pariwisata, terdiri BPW/APW, dinas pariwisata, hotel, obyek wisata, transportasi darat, udara, laut, platform, restoran, toko oleh-oleh, cruises dan airland resort. Dan sekitar 120 Buyer dari Jakarta dan daerah lain.

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf) DKI Jakarta, Andhika Permata mengatakan, dalam memperingati Hari Pariwisata Internasional, Pemprov DKI Jakarta akan mengadakan walking tour dengan tema “Rethingking Tourism”.

“Kami akan mempersiapkan teman-teman untuk walking tour mekanismenya kami open course. Prinsipnya, kami mendukung penuh acara AJTM 2022,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua DPD Asita DKI Jakarta, Hasiyanna S Ashadi mengatakan pandemi Covid-19 telah menghancurkan pilar-pilar bisnis perjalanan wisata. Oleh karena itu ia mengajak untuk bersama-sama bangkit dengan penuh semangat. Asita DKI Jakarta bersama anggotanya, kata Hasiyanna, tetap meyakini dengan biro perjalanan wisata (BPW) yang bertransformasi mengikuti zaman maka bisnis BPW tetap berjalan.

“Tugas BPW sejatinya adalah memastikan bahwa wisatawan mendapatkan pelayanan terbaik sejak ingin pergi, memilih, mendapatkan informasi terkini, menikmati perjalanannya benar-benar berlibur secara total, memastikan rangkaian perjalanan dengan mulus tidak ada halangan, membantu bila masalah timbul, sampai kembali ke rumahnya dengan selamat dan puas,” paparnya.

Hasiyanna menjelaskan BPW itu ibarat Chef, ahli memasak yang piawai, mencampur komponen perjalanan terbaik satu tujuan. Bagi mitra kerja, BPW berada di garis depan untuk mencari dan mendapatkan tamu/wisatawan untuk dilayani bersama.

“Kami berterima kasih kepada disparekraf DKI Jakarta atas dukungan penuh dan kerja sama yang erat. Mari kita sukseskan AJTM ini dari kita untuk kita,” pungkasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.

News Feed