by

Menjalani Masa Pandemi dengan AptameX Tes Rapid Berbasis Saliva

-Nusantara-114 views

Jakarta, JNcom – Situasi pandemi Covid-19 yang telah dijalani selama 2 tahun lebih dengan berbagai upaya medis dan saintifik saat ini telah sampai pada titik di mana hidup harus terus berjalan dengan keberadaan virus Covid-19 yang belum bisa sepenuhnya diatasi. Meskipun Program vaksinasi menawarkan janji untuk mengekang Covid-19, namun pemerintah dan swasta semakin menerima kondisi yang sebelumnya telah diperingatkan oleh para ahli epidemiologi bahwa patogen akan beredar selama bertahun-tahun bahkan puluhan tahun, memaksa masyarakat hidup berdampingan dengan virus, seperti halnya dengan endemik penyakit lainnya seperti flu dan campak.

Ketika vaksin terbukti cukup efektif mengendalikannya hingga ke tingkat endemik, namun sifat virus yang berbahaya dan mudah menular ini tetap harus diantisipasi. Pengujian rutin terus dilakukan untuk menawarkan cara mengendalikan penyebaran virus dan variannya, sembari tetap melanjutkan program vaksinasi.

Sayangnya, pengujian rutin masih dinilai sebagai suatu kewajiban atau prosedur yang baru akan dilakukan ketika kondisi tubuh mengalami sejumlah gejala yang merujuk pada keberadaan virus Covid-19. Padahal pengujian rutin akan diperlukan ketika rutinitas hidup – bekerja, sekolah, bersosialisasi harus tetap dijalankan. Inilah kehidupan normal baru yang terjadi.

Menyikapi kondisi ini, PT Achiko Media Indonesia bekerja sama dengan PT Indofarma Tbk mengadakan acara talkshow online berjudul “Rajin Test Covid-19: The New Normal”, Kamis, 26 Agustus 2021 dengan menghadirkan pembicara Steven Goh (CEO Achiko AG), Raymond Tambunan Psi., MSos. (Psikolog), Prof. Amin Soebandrio, dr, Ph.D, Sp.MK(K) (Kepala LBM Eijkman), Wanda Hamidah (Health & Lifestyle Influencer), Arief Pramuhanto (Direktur Utama PT Indofarma Tbk), Dr Michael Edel (Inventor AptameX), Dr. Morris S. Berrie (President Achiko AG) dan Windiaprana Ramelan (Senior VP Operations Asia, Achiko AG).

Dalam acara ini, para pembicara mengajak masyarakat untuk mulai menjalani “new normal” yang baru dengan sering melakukan tes sebagai prosedur aman dalam berkegiatan sehari-hari. Salah satu opsi praktis, nyaman, dan terjangkau secara biaya adalah produk tes rapid diagnostik Covid-19 berbasis saliva yang dikembangkan PT Achiko Medika Indonesia dan PT Indofarma Tbk, bernama AptameX Covid-19 DNA Aptamer Gold Nanoparticle Test Kit. Produk AptameX ini telah memperoleh izin edar yang diberikan oleh Kementerian Kesehatan RI dengan Nomor Izin Edar AKD 20303121654 pada 13 Agustus 2021.

AptameX adalah tes rapid diagnostik Covid-19 yang nyaman digunakan, cepat, dan akurat untuk mendeteksi lonjakan protein S1 pada permukaan virus SARS CoV 2 dalam sampel air liur. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan di Indonesia dan Spanyol, nilai Sensitivitas dan Spesivitas AptameX lebih baik dibandingkan produk tes rapid lainnya pada sample dengan CT value 29. Hal ini merupakan salah satu keunggulan AptameX di mana ketika produk lain kehilangan sensitivitas pada CT > 25 atau ketika nilai viral load tinggi, AptameX masih mampu menunjukkan nilai sensitivitas > 75%. Direncanakan, AptameX akan diproduksi sebanyak 10.000.000 test kit dalam satu tahun yang dimulai pada September 2021.

“Pengujian secara teratur sangat penting dalam menghadapi pandemi. AptameX adalah sebuah alat tes diagnostik Covid 19 yang diproduksi di dalam negeri oleh dan untuk masyarakat yang telah dirancang untuk dapat diintegrasikan ke dalam ritual kebersihan gigi yang normal dan oleh karena itu dapat dengan mudah menjadi bagian dari rutinitas sehari-hari. Akses terhadap pengujian yang andal dan terjangkau akan memungkinkan kita semua untuk menjalani kembali kehidupan yang normal dan pada saat bersamaan kita berupaya mengendalikan penyebaran Covid-19. Indofarma, dalam kemitraan dengan Achiko, bertujuan untuk membuat tes diagnostik ini tersedia dengan harga yang terjangkau oleh semua orang,” ujar Direktur Utama PT. Indofarma Tbk, Arief Pramuhanto.

Steven Goh, CEO Achiko mengaku bangga dan senang menerima persetujuan resmi atas test kit yang penuh terobosan baru AptameX. Adalah suatu pencapaian yang luar biasa untuk dapat memasarkannya bersama Indofarma. “Dengan proyeksi tingkat vaksinasi yang ada dan dengan kemungkinan mutasi virus Covid-19 yang akan terjadi, beberapa tahun ke depan mungkin akan sangat menantang tidak hanya bagi Indonesia, tetapi juga bagi seluruh dunia. Kombinasi AptameX dan Teman Sehat memberikan solusi kepada seluruh komunitas untuk mendapatkan tes yang terjangkau dan mudah digunakan sebagai screener. Hal ini secara langsung akan memberdayakan mereka dalam perjuangan melawan Covid-19 dan semua variannya,“ ungkapnya

Dr. Morris S. Berrie, Presiden Achiko AG, menambahkan, “Tim kami tidak kenal lelah untuk mengembangkan teknologi test diagnostik yang cepat dan terjangkau untuk Covid-19 dan indikasi lain yang akan datang. AptameX dirancang agar mudah digunakan dan berharga terjangkau, dan karenanya dapat diakses oleh siapa saja. Kami percaya AptameX dan platform teknologi paspor digital Teman Sehat akan menjadi sumber diagnostik penting selama bertahun-tahun yang akan datang,” tambahnya.

Setelah mendapatkan izin edar dari Kementerian Kesehatan, AptameX akan melalui proses pengujian selama dua bulan sebelum memulai produksinya. “Produk kami akan siap bagi masyarakat Indonesia pada kuartal IV tahun ini. Dengan harga di bawah Rp. 50.000, yang akan menjadi semakin ekonomis seiring waktu, AptameX sangat mudah digunakan di mana kami akan bekerja sama dengan klinik dan rumah sakit dalam penggunaan produk ini,” ujar Windiaprana Ramelan, Senior VP Operations Asia, Achiko AG.

Bagi konsumen yang akan menggunakan AptameX, hanya akan melakukan kumur dengan cairan yang disediakan di dalam kemasan produk ini, dan kemudian sampel saliva yang ada di dalam hasil cairan kumur tadi akan diperiksa di laboratorium dengan hasil muncul dalam hitungan menit.

Untuk diketahui, PT Achiko Medika Indonesia AMI adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri Peralatan Kedokteran dan Kedokteran Gigi, perlengkapan Orthopedic dan Prosthethic, Industri Peralatan Elektromedikal dan Elektroterapi, dan 50% sahamnya dimiliki oleh Achiko AG. Achiko AG menciptakan dan mengembangkan inovasi baru dalam teknologi kesehatan melalui divisi bioteknologi, AptameX, dan divisi teknologi kesehatan seluler digital, Teman Sehat. Perusahaan telah menciptakan kemampuan telehealth unik yang menyediakan pengujian diagnostik yang mudah digunakan yang terintegrasi dengan solusi paspor digital untuk pengelolaan Covid-19. Berkantor pusat di Zurich, Achiko memiliki kantor di Hong Kong, Jakarta, Seoul. dan Singapura.

Sementara, PT Indofarma TBK adalah perusahaan farmasi Indonesia yang berdiri sejak tahun 1918 dan pada bulan Januari 2020, PT Indofarma Tbk resmi menjadi bagian dari Holding BUMN Farmasi. PT Indofarma Tbk terus mendukung program Pemerintah Republik Indonesia di bidang kesehatan serta berkontribusi dalam meningkatkan derajat kesehatan dan kualitas hidup yang lebih baik dengan berkomitmen untuk menyediakan obat dengan kualitas terjamin dan harga terjangkau bagi masyarakat. Selain itu, Perseroan juga membantu upaya pemerintah Republik Indonesia dalam percepatan penanganan pandemi Covid-19 dengan menyediakan produk farmasi dan alat kesehatan, serta pelayanan kesehatan. Hingga saat ini Indofarma telah memiliki 321 Izin Edar Produk Obat dan Alat Kesehatan dengan jangkauan distribusi tersebar di 29 Cabang di seluruh Indonesia. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed