by

Syahbandar Utama Tanjung Priok Dinilai Bagus, Wisnu: Harus Menjadi Spirit

-Hiburan-203 views

Jakarta, JNcom – Menurut UU nomor 17 tahun 2008, Syahbandar melaksanakan fungsi keselamatan dan keamanan pelayaran yang mencakup, pelaksanaan, pengawasan dan penegakan hukum di bidang angkutan di perairan, kepelabuhanan, dan perlindungan lingkungan maritim di pelabuhan.

Dalam melaksanakan fungsi keselamatan dan keamanan sebagaimana dimaksud dalam Pasal 207 ayat (1) Syahbandar mempunyai tugas mengawasi kelaiklautan kapal, keselamatan, keamanan dan ketertiban di pelabuhan; mengawasi tertib lalu lintas kapal di perairan pelabuhan dan alur pelayaran; mengawasi kegiatan alih muat di perairan pelabuhan;
mengawasi kegiatan salvage dan pekerjaan bawah air; mengawasi kegiatan penundaan kapal; mengawasi pemanduan; mengawasi bongkar muat barang berbahaya serta limbah bahan berbahaya dan beracun; mengawasi pengisian bahan bakar; mengawasi ketertiban embarkasi dan debarkasi penumpang;
mengawasi pengerukan dan reklamasi;
mengawasi kegiatan pembangunan fasilitas pelabuhan; melaksanakan bantuan pencarian dan penyelamatan; memimpin penanggulangan pencemaran dan pemadaman kebakaran di pelabuhan; dan mengawasi pelaksanaan perlindungan lingkungan maritim.

Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dengan luas area 1200 hektar terdiri dari wilayah laut dan darat dinilai telah cukup baik dalam menjalankan tugas dan fungsinya. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Kantor Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok Dr. Capt. Wisnu Handoko, M.Sc saat ditemui usai serah terima jabatan Pejabat baru, Jumat (26/3/2021) di kantor Syahbandar Utama Tanjung Priok.

“Saya berharap kehadiran pejabat baru bisa memberikan energi baru bagi Kesyahbandaran Utama Tanjung Priok dan bisa melanjutkan program-program yang lama serta bisa menciptakan inovasi-inovasi baru apalagi di era digitalisasi ini,” ujar Wisnu.

Dikatakan Wisnu, pejabat yang baru harus bisa menyesuaikan terutama di Kesyahbandaran ini yang fokus pada masalah penegakan hukum, pengawasan, pencemaran, dan lainnya. Selain itu Kesyahbandaran juga memiliki fungsi pencarian dan pertolongan apabila ada kecelakaan seperti awak kapal tenggelam.

Oleh karena itu, kata Wisnu, dari sisi personil harus memiliki kemampuan khusus seperti penyelam harus ada regenerasi untuk melanjutkan personel yang mendekati masa pensiun. Kemampuan lainnya seperti bahasa asing dan kondisi fisik yang prima harus dimiliki personil khusus. Selama saya bertugas disini latihan PBB dilaksanakan secara rutin agar penampilannya penuh percaya diri.

“Saya melihat di Syahbandar Utama Tanjung Priok sudah bagus baik dari sisi penampilan maupun lainnya sehingga seharusnya menjadi spirit bagi pegawai dalam menjalankan tugasnya,” pungkasnya. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed