by

Andrian Lame: Inkopas Mengayomi, dengan “By Name By Address” Mendapat Pinjaman

-Nusantara-134 views

Jakarta, JNcom – Inkoppas kembali aktif dan bersinegi untuk meregulasi para pedagang pasar agar tidak kembali cari modal ke para rentenir.

Andrian Lame Muhar SE. M.Si, selalu Ketua Satu Hubungan Antar Lembaga mengatakan, Pedagang pasar punya koperasi pedagang yang disebut Koppas, mereka adalah koperasi primer yang ada di setiap pasar. Kemudian kami itu di koperasi yang sekundernya yaitu induk koperasinya yang ada diatas Koppas-Koppas diseluruh pasar-pasar diseluruh Indonesia. Di atas nya itu ada yang namanya Inkoppas yaitu Induk Koperasi Pedagang Pasar. Dijumpai saat pernikahan adiknya di Harris Hotel Sumarecon Bekasi, Sabtu (6/3/2021) malam.

“Inkoppas ini mengatur regulasi terkait dengan koperasi yang ada diseluruh pasar di seluruh Indonesia dapat berjalan dengan baik.
Pedagang pasar harus di ayomi sehingga mereka bisa dipermudah dari segi permodalan, mendapatkan barang, dapat tempat berdagang. Nah itulah gunanya Inkoppas,” ujar Andrian Lame.

Inkopas hadir sejak 1957, saat ini membawahi 2.968 koperasi di setiap pasar di seluruh Indonesia dengan Ketua Umum Inkopas saat ini Ferry Juliantono.

Koppas yang paling besar itu di DKI Jakarta seperti Koppas Blok A, Koppas Tanah Abang. Satu Koppas bisa menaungi beberapa pasar. Dimana ada pasar disana ada Koppas. Semua pasar itu pasti ada Koppasnya untuk menghalangi para rentenir yang akan masuk untuk menggerogoti pedagang pasar. Selama ini para rentenir ini kalau pedagang pasar mau mengambil barang meminjamnya ke rentenir.

Alhamdulillah bekat kejasama tim Inkoppas sekarang mendapat bantuan dari LPDB Kementerian Koperasi yang sedang berjalan untuk stimulus ekonomi kisaran sebesar Rp.1,1 triliyun. Ini akan mengalir diseluruh pedagang pasar melalui “by name by address” maksudnya nama dan alamat mendapat pinjaman dari Inkoppas.

Syaratnya “by name by address”, pedagang punya toko ataupun berdagang di pasar tersebut dengan nama dan alamat usaha yang benar bisa mengajukan ke LPDB lewat Inkoppas.

Seperti kemarin ada isu salah cluster pasar katanya pembawa virus, disini Inkoppas ikut andil sampaikan ke pemerintah bahwa tak seperti itu ceritanya. Sehingga sekarang Inkoppas diundang Kementerian Kesehatan dimana kita seluruh pedagang pasar diberikan Vaksin gratis.

Berkat berkomunikasi yang baik dengan Kementerian Kesehatan, disepakatilah bahwa mulai April hingga September 2021 para pedagang disetiap pasar di seluruh Indonesia akan di Vaksin secara gratis. Itulah kita mengayomi regulasinya sehingga pedagang pasar ini tidak dirugikan. Inkoppas lakukan Vaksin gratis yang sudah berjalan seperti di Pasar Tanah Abang Jakarta. Alhamdulillah pemerintah mendengarkan keluh kesah pedagang pasar saat ini.

Inkoppas ini hadir membantu koperasi pasar supaya dapat berjalan di pasarnya masing-masing. Mereka memberikan stimulus terus lewat pemerintah melalui regulasinya. Siapapun boleh bergabung asalkan mereka pedagang pasar.

Saya berharap dengan bicara begini ini mengangkat Inkoppas supaya pedagang pasar tidak perlu takut lagi, dapat membantu pedagang pasar memanfaatkan regulasi yang baik.

Hubungan saya Alhamdulillah baik dengan Kementerian/ Lembaga terkait regulasi ini. Sekarang pedagang pasar suaranya di pemerintahan mulai di dengar.

Harapan kedepannya Koppas ini makin maju, makin memberikan banyak bantuan baik lewat bantuan unit simpan pinjam (USP) atau memberikan supplai chance misalnya para pedagang pasar ini bingung mendapatkan barang dagangan karena masih impor seperti bawang putih, gula, kedelai, daging. Dari Koppas itulah meyalurkannya ke pedagang pasar.

Koppas mengayomi, mereka punya akses lewat koperasi mendapatkan barang dagangan serta mendapatkan perlindungan lewat regulasi, perlindungan secara hukum dan bisa berjualan dengan baik, nyaman dan tentram.

Untuk pengelolaan pasar, Koppas sudah turut andil seperti pasar Blok A yang terbakar tersebut, Koppas ikut ambil alih membangun kembali pasar yang terbakar tersebut dan dimiliki kembali pedagang pasar lewat koperasinya. Kedepannya Koppas akan lebih solid sehingga bisa membantu para pedagang pasar untuk berjualan. (Guffe).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed