by

Kepedulian Dankormar Mayjen TNI Suhartono, Marinir Peduli Marinir Berbagi untuk Karawang Bekasi

-Nusantara-68 views

Jakarta, JNcom – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderai TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han) melepas bahan bantuan banjir Karawang Bekasi di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) Kwitang Jakarta Pusat, Selasa (23/2/2021).

Kegiatan tersebut bagian dari program “Marinir Peduli Marinir Berbagi” yang merupakan wujud kepedulian terhadap sesama dan juga implementasi Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dikatakan Dankormar Mayor Jenderai TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han), bahan bantuan kemanusiaan Korps Marinir Peduli Banjir akan didistribusikan kepada korban bencana banjir berupa beras 3 ton, Mie Instan 1.000 dus, Air Mineral 1.075 dus, Susu 350 dus, Bikuit 55 dus, Sabun Mandi 50 dus, Sarung 200 buah, Popok Bayi 10 dus, Pembalut Wanita 1 dus, Selimut 50 buah, Pakaian 41 Koli.

“Barang bantuan tersebut tutur Dankormar akan didistribusikan langsung menggunakan 10 kendaraan truck dan kendaraan Kawal Korps Marinir ke lokasi korban banjir di Bekasi dan Karawang.

“Barang bantuan tersebut berasal dari Korps Marinir TNI AL, Anggota Korps Marinir, Masyarakat serta bantuan dari Bank BNI, Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT), PT Duta Satana Mandiri,” ujarnya.

“Pasukan Marinir saat ini yang berada di lokasi banjir Bekasi dan Karawang sejumlah 185 personel yang diturunkan dipimpin oleh Letkol Marinir Ali Wardhana sebagai Dansatgas Banjir, dengan peralatan 24 unit Perahu Karet, 7 alat selam, 2 Sea Rider dari BNPB yang kita operasionalkan berkoordinasikan dengan tim BNPB. 10 Unit Motor Tempel (Mopel), 13 Unit Truk Personel dan Material, 4 Kendaraan Taktis, 1 Set Dapur Lapangan, 4 Set Tenda Lapangan, dan perlengkapan Kesehatan Lapangan,” terangnya.

Terimakasih kepada Bank BNI berkenan untuk memberikan bantuan karena pasukan kami ada di lapangan minta tolong bantuannya untuk mendistribusikannya kepada para pengungsi.

Lebih lanjut Dankormar Mayor Jenderai TNI (Mar) Suhartono M.Tr (Han) mengatakan,
Anggota kami sudah mengecek titik-titik pengungsian yang tersebar di berbagai kampung. Sebagian mau yang ada di evakuasi ke posko dari penanggulangan BNPB tapi sebagian besar mereka mengungsi mandiri dengan memanfaatkan tempat-tempat yang disediakan.

Banjir sudah mulai surut tetapi mereka tetap berada di titik-titik pengungsian dekat dengan rumah tinggalnya masing-masing. Untuk menuju tempat penampungan tentunya menggunakan sarana perahu karet.

Pendistribusian sebagian akan kita distribusikan ke posko, tetapi ke titik-titik pengungsi yang tidak mau di evakuasi ke posko maka satgas dari BNPB tentunya mereka tetap harus mendapatkan suplai logistik.

Bantuan dari marinir hari ini adalah bantuan gelombang kedua. Yang kemarin sebagian sudah kita distribusikan bersamaan dengan pasukan kita ketika merapat ke lokasi.

Dalam kesempatan tersebut, Edi Setiawan pimpinan BNI Wilayah Jakarta mengatakan, bantuan dari Bank BNI tersebut sebagai bentuk CSR, ada sekitar 7 truk yang berisikan makanan siap saji, biskuit, air mineral, mie. instant, tenda sarung, kaos, dan lainnya.

“Terimakasih sudah memberikan kesempatan kepada Bank BNI untuk ikut serta bergabung dengan tim Kemanusiaan dari Marinir,” ucapnya.

Dikatakan Edi Setiawan, secara umum berupa 304 karung beras @ 5kg, 4.000 mie instant, 11.520 air mineral dalam kemasan, 1.540 biskuit, 50 selimut, 100 karung kaos dan tenda besar.

Bagi masyarakat yang ingin ikut peduli dan berpartisipasi menyumbangkan pakaian, makanan minuman ataupun lainnya bisa datang ke Posko Peduli Banjir di Markas Komando Korps Mamnir Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No.40 Kwitang Jakarta Pusat.(Guffe)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed