by

Dankormar Mayjen TNI Suhartono, Melepas Bantuan Ketiga, Marinir Peduli Marinir Berbagi untuk Karawang Bekasi

Jakarta, JNcom – Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han) melepas bahan bantuan banjir Karawang Bekasi gelombang ketiga di Markas Komando Korps Marinir (Mako Kormar) Jalan Prajurit KKO Usman dan Harun Kwitang Jakarta Pusat,

Pagi ini Rabu (24/2/2021) untuk gelombang ketiga Dankormar melepas 11 truk bahan bantuan dan kegiatan ini merupakan bagian dari program Marinir Peduli Marinir Berbagi yang merupakan wujud kepedulian terhadap sesama dan juga implementasi Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Dankormar Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono, M.Tr.(Han) mengucapkan, Terimakasih tim ACT yang sudah bergabung dari tim Marinir untuk memberikan bantuan bagi warga disekitar Karawang Bekasi yang terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum.

“Pada saat sudah mulai surut dimana belum normalnya aktifitas masyarakat, sebagian besar masih melaksanakan pembersihan paska banjir sehingga akibatnya mereka mungkin masih memerlukan bantuan darurat berupa makanan ataupun pakaian,” ujar Dankormar Mayjen Jenderal Suhartono.

“Pada kesempatan ini tim dari marinir kembali ke daerah terdampak dengan membawa beberapa truk yang sudah dipersiapkan. Saat ini juga berbung dari tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) juga memberikan berbagai macam bentuk bantuan,” ucapnya.

Lebih lanjut Dankormar mengatakan,
Bahan bantuan kemanusiaan Korps Marinir Peduli Banjir yang akan di distribusikan kepada korban bencana banjir tersebut berupa mobil box pertama berisi beras 1 ton, air minum 125 dus, mobil box kedua berisi beras 1 ton dan air minum 125 dus, mobil box ketiga berisi 1,5 ton beras dan air minum dalam kemana 50 dus, mobil box keempat berisi 1,5 ton beras dan air minum dalam kemasan 50 dus, mobil box kelima berisi susu cair formula 50 dus, susu uht junior coklat 50 dus, roti biskuit 30 dus, minyak 15 dus, mie instant 25 dus, sabun mandi 50 dus dan sarung 200 pcs, Food Truck akan memasak 500 porsi/hari, untuk 3 hari kedepan, Ambulance free hospital dan kendaraan rescue dengan perahu karet dan relawan penggerak, serta kendaraan rescue dan relawan.

Barang tersebut berasal dari Korps Marinir TNI AL, Anggota Korps Marinir, Masyarakat serta bantuan dari Yayasan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Untuk personil satgas marinir yang saat ini ada 150 personil dengan kelengkapan 24 perahu karet, 2 sea rider dari BNPB apabila setiap saat diperlukan untuk menyusuri sungai Citarum ataupun bila cuaca kembali memburuk lagi sehingga perahu karet masih di stand by disana.

Kemarin ada 185 persoonil yang kita kurangi karena banjir sudah mulai surut dan sudah bisa dilewati sampai dengan titik jebolnya tanggul.

Ini kali ketiga Marinir memberangkat bantuan, kemarin yang pertama bergabung dari Satgas Angkatan Laut yang dilepas oleh Bapak KASAL di Kolinlamil, kemudian yang kedua berangkatkan lagi dari masyarakat peduli dan Bank BNI.

Pada kesemptan tersebut, Bapak Ibnu Khajar selaku Presiden ACT mengatakan, Ini sekian kalinya kita berikan mulai awal Pandemi Covid dan beberapa aktifitas yang terus kita lakukan merespon bencana alam saat ini khususnya banjir diwilayah Karawang Bekasi.

Sedikit menginformasikan, kemarin kita baru saja melaunching Program Gerakan Sedekah Pangan Nasional, kita mengajak sebanyak banyaknya masyarakat untuk peduli kepada saudara kita yang sedang terkena bencana.

Insya Allah di 100 cabang ACT juga kami aktifasi gudang-gudang logistik untuk bisa pastikan distribusi bantuan tersebut sampai kepada masyarakat terkena banjir hampir merata diseluruh Tanah Air. Dengan semangat gerakan Sedekah Pangan Nasional kita mulai hari ini setelah melaunching di Wakaf Distribusi Centre di Gunung Putri.

Alhamdulillah hari ini kita bisa mulai secara masif dengan marinir, semoga berikutnya kerjama dengan TNI bisa kita optimalkan untuk program-program berikutnya.

Kami sampaikan didepan adalah armada Food Truck yang akan melayani kebutuhan makan sebanyak 500 paket untuk beberapa hari kedepan, Juga mobil Water Tank untuk kebutuhan air bersih diperlukan dan mobil tim rescue yang nantinya akan bergabung dalam arahan tim marinir dilapangan untuk membantu evakuasi, juga mobil ambulance hospital bersama tim medis Humanity Medical Servicebisamelauani masyarakat yang membutuhkan bantuan medis bersama mobil TNI Marinir untuk bantuan logistik ada beras, air minum, susu, biskuit. slimut, sarung dan bantuan lainnya.

Semoga ini menjadi semangat buat saudara kami yang terdampak bencana, tetap semangat dengan bersama kita bisa membantu saudara kita yangvterken bencana..

Hari ini ada 10 armada yang kita kirimkan, secara umum yang terbanyak adalah bantuan air minum, susu, biskuit, dan lainnya. Ada 5-6 armada yang kami kirimkan.

Bantuan banjir ketiga ini dihadiri team dari ACT antara lain, Bapak Ibnu Khajar (Presiden ACT), Bapak Sri Eddy Kuncoro (Vice President), Bapak Dwiko H (VP Humanity Relief Developmen), Bapak Subhan (Dir. GA), Bapak Mutafa (President MRI) dan Bapak Pungky (Mgr. WDC).

Dankormar Mayjen TNI Marinir Suhartomo M.Tr Han, Wadan Kormar Mayjen TNI Marinir
Nur Alamsyah M.Tr. Han., Informar Brigjen TNI Marinir Lasmini.

Bagi masyarakat yang ingin ikut peduli dan berpartisipasi menyumbangkan pakaian, makanan minuman ataupun lainnya bisa datang ke Posko Peduli Banjir di Markas Komando Korps Mamnir Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No.40 Kwitang Jakarta Pusat.(Guffe).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed