by

Polda Metro Tetapkan Sindikat 15 Tersangka Kasus Mafia Tanah Dino Patti Djalal

Jakarta, JNcom – Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan pihaknya berhasil mengungkap 3 kasus sindikat mafia tanah, korbannya keluarga Wakil Menteri Luar Negeri Dino Patto Djalal.

Berdsarkan 3 laporan polisi, dikatakan Fadil, pihaknya telah mengamankan dan menetapkan masing-masing kasus 5 tersangka.

“Pengungkapan tersebut ada 15 tersangka yang diamankan. Dimana masing-masing Lembaga Pemasyarakatan (LP) ada 5 tersangka. Dari 3 LP tersebut sebanyak 15 tersangka,” ungkap Fadil di Gedung Dirkrimum Mapolda Metro Jaya, Jumat (19/2/2021) sore.

Dalam aksinya tersebut tutur Kapolda, sindikat mafia tanah membagi perannya masing-masing. Mulai dari aktor intelektual hingga perannya sebagai pejabat pembuat akta tanah(PPAT) gadungan serta figur yang berpura-pura menjadi pemilik sertifikat tanah.

“Kelompok mafia tanah tersebut berbagi peran, ada yang bertindak selaku aktor intelektual, ada yang bertindak menyiapkan saran dan prasarana, ada yang bertindak selaku figur dalam pengertian yang mengaku sebagai pemilik atas tanah dan bangunan, serta lainnya,” ungkap Fadil.

“Selain itu ada yang berperan sebagai staff PPAT atau Pejabat Pembuat Akta Tanah dan ada yang bertindak sebagai figur pemilik sertifikat tanah,” ujarnya.

Aparat Ditreskrimum Polda Metro Jaya kemudian menangkap Fredy Kusnadi terkait kasus penipuan tanah milik keluarga Wakil Menteri Luar Negeri, Dino Patti Djalal. Fredy ditangkap di tempat tinggalnya di Kemayoran pada hari ini Jumat (19/2/2021).

“Pagi tadk kami mengamankan saudara FK di Kemayoran, Jakarta Pusat, terkait kasus mafia tanah ini. Kami amankan setelah penyidik mendapatkan dua alat bukti yang cukup,” imbuhnya.

Fredy Kusnadi sebelumnya sempat disebut-sebut oleh Dino Patti Djalal di media sosialnya sebagai salah satu orang yang terlibat kasus atas penipuan tanah miliknya.

Atas postingan tersebut, Fredy Kusnadi sempat melaporkan Dino Patti Djalal atas dugaan pencemaran nama baik.

Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Tubagus Ade Hidayat mengatakan Fredy Kusnadi terlibat dalam kasus mafia tanah milik keluarga Dino Patti Djalal.

“Seperti diketahui ada 3 LP atas dugaan penipuan dan pemalsuan mafia tanah dengan korban yang sama. Untuk saudara FK ini terlibat dalam laporan yang ke 3,” ucap Tubagus.

Pihaknya masih memeriksa Fredy untuk mendalami dan mengembangkan kasus tersebut.

“Termasuk peran FK ini apa. Namun pastinya patut diketahui, surat kepemilikan tanah milik korban sudah berpindah atas namanya,” tutur Tubagus.

Kasus ini masih kami kembangkan dan terus dalami untuk melihat ada tidaknya keterlibatan pelaku lain.

Para tersangka dijerat pasal 266 KUHP pemalsuan akta otentik, Pasal 372 KUHP tentang penggelapan dan Pasal 378 KUHP tentang penipuan. Dengan ancaman hukuman diatas 5 tahun penjara.(Guffe).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed