by

Praktek Aborsi Ilegal Kembali Diungkap, Polisi Tangkap 3 Tersangka

-Nusantara-73 views

Jakarta, JNxom – Subdit 3 Sumdaling Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Metro Jaya berhasil mengungkap dan mengamankan kasus praktek aborsi ilegal di Kampung Cibitung Kelurahan Padurenan Kecamatan Mustika Jaya Kota Bekasi.

Tiga tersangka yang diamankan inisial ER perannya melakukan tindakan aborsi, ST perannya bagian pemasaran, penjemputan calon pasien, penerima uang hasil aborsi dan RS ibu pemilik janin yang diaborsi.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus mengatakan, klinik tersebut dijalankan oleh sepasang suami istri ER dan ST di rumah kontrakannya di Pedurenan, Mustika Jaya, Kota Bekasi.

“Polisi mengamankan barang bukti dari tangan tersangka juga alat-alat yang digunakan untuk aborsi. Terlihat alat tersebut tidak steril,dan tidak memenuhi standar,” ujar Yusri kepada jurnalis, di Aula Haprabu Dit Reskrimsus PMJ, Rabu (10/2/2021).

“Dari penuturan pasien, dia harus bayar Rp.5 juta tapi IR dan ST hanya menerima Rp.2 juta,” ujarnya.

ini adalah tindakan yang betul-betul di luar kemanusiaan yang ada sehingga akan kita jerat dengan pasal pasal 194 jo pasal 75 di UU Nomor 36 tentang kesehatan ancamannya 10 tahun penjara dan denda Rp.1 miliar. kemudian dipasal 77 UU No.25 tentang perubahan atas UU No.23 tentang perlindungan anak dan juga di pasal 83 jo Pasal 64 tentang tenaga kesehatan ini diancam dengan 5 tahun penjara.

Penyidik terus melakukan pendalaman, baik itu apakah yang bersangkutan kerja memang lama dan dimana janin-janinnya di hilangkan karena memang modus operandi mereka menghilangkan janin karena ini cukup mudah bagi dia karena memang dia tidak menerima lebih dari 8 Minggu, jadi masih dalam bentuk gumpalan darah menurut pengakuan tersangka sehingga menghilangkan barang buktinya tidak terlalu sulit. itu pengakuan yang dilakukan yang disampaikan oleh tersangka kepada penyidik tetapi kami masih mendalami terus sampai seberapa lama dia sudah melakukan tindakan ilegal ini.(Guffe).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed