by

PKS Usung Kader Sendiri Sebagai Capres-Cawapres 2024, Ini Kata Pengamat

-Politik-44 views

Jakarta, JNcom – Partai Keadilan Sejahtera (PKS) bertekad mengusung kader sendiri sebagai capres 2024 atau cawapres 2024. Namun, nama kader PKS belum mewarnai survei capres yang digelar sejumlah lembaga. Kenapa?

Dari rilis survei yang dipublikasikan Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC), memang ada nama mantan Presiden PKS M Sohibul Iman.Tapi, Sohibul Iman hanya masuk di bawah 20 besar figur, dan skornya 0,0 persen. Sementara, Presiden PKS Ahmad Syaikhu tak muncul di daftar survei.

Dosen Ilmu Politik UIN Jakarta, Bakir Ihsan menilai, secara kelembagaan PKS dianggap partai yang relatif stabil dan terinstitusionalisasi. “Dalam kondisi demikian, ketokohan menjadi tidak terlalu menonjol,” tutur Bakir saat dihubungi, Rabu (6/1/2021).

Kata Bakir, pada level nasional PKS tidak secara khusus menyiapkan sosok kader maupun presiden mereka yang akan dijual ke publik. Terbukti, PKS memilih menjadi pengusung Prabowo Subianto pada Pilpres 2014 dan 2019. “PKS lebih senang sebagai pendukung pada sosok luar sesuai selera,” ungkap pengajar Sosiologi Politik ini. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed