by

Klaster Baru Covid-19 di Tebet, Polda Metro Jaya Laksanakan Rapid Test Massal

Jakarta, JNcom – Polda Metro Jaya bersama Kodam Jaya melaksanakan kegiatan rapid test gratis secara massal di Gedung Olah Raga (GOR) Tebet Timur Jakarta Selatan, Senin (23/11/2020). Rapid test  tersebut dilakukan karena Tebet menjadi klaster baru penyebaran Covid-19.

Kapolda Metro Jaya Irjen Pol Fadil Imran mengatakan, Tebet menjadi klaster baru akibat dari kerumunan massal ratusan orang saat pelaksanaan Maulid Nabi yang dihadiri pimpinan FPI Habib Rizieq Shihab (HRS) di Majelis Taklim dan Zikir Al-Afaf pekan lalu.

“Kita harapkan agar kasus-kasus ini tidak bertambah besar, kita lakukan testing. Bagi yang reaktif kita langsung laksanakan tes swab sehingga bisa dilakukan langkah-langkah treatment dan segera dirawat di rumah sakit,” ucap Fadil usai hadiri kegiatan rapid test hari ini di GOR Tebet Timur.

Fadli mengatakan, kegiatan rapid test massal tersebut dilaksanakan secara berturut-turut selama tiga hari.

“Petugas telah menyiapkan alat, tenaga Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya dan Kasdam Jaya,” tuturnya.

Selain melaksanakan rapid test massal gratis dan pembagian sembako, Polda Metro Jaya juga melakukan penyemprotan disinfektan menggunakan 3 mobil water canon di sejumlah titik di Kelurahan Tebet Timur dan titik lokasi Maulid Nabi Muhammad SAW.

Polres Metro Jakarta Selatan memfasilitasi warga Tebet yang hadir dalam kerumunan acara Maulid Nabi Muhammad SAW pada Jumat (13/11) lalu, untuk menjalani tes cepat (rapid test) Covid-19.

“Polres Metro Jakarta Selatan melaksanakan kegiatan rapid test dan pembagian sembako kepada warga Tebet yang dihadiri Kapolda Metro Jaya,” ucap Pjs Kasubag Humas Polres Metro Jakarta Selatan, AKP Rita pada hari ini.

Kegiatan ini dipantau langsung oleh Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran dan Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono.

Kerumunan massa yang hadir dalam kegiatan maulid di Tebet tersebut telah memunculkan klaster baru kasus Covid-19 di wilayah tersebut.

Berdasarkan hasil pemeriksaan Polymerase Chain Reaction (PCR) di Labkesda pada 21 November 2020, ditemukan 50 kasus positif di Tebet. Warga di Tebet untuk segera melakukan tes PCR, berkoordinasi dengan RT/RW setempat.

RT dan RW di Tebet dapat berkoordinasi dengan Puskesmas di wilayah tersebut, agar masyarakatnya bisa segera mendapatkan tes PCR dengan gratis.

Jika pemeriksaan menunjukkan hasil positif, masyarakat dapat melakukan isolasi di tempat yang telah disediakan pemerintah yaitu di Wisma Atlet, Kemayoran, Jakarta Pusat.(Guffe).

.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed