by

Setahun Memerintah, Jokowi Dinilai Masih Perlu Ada Pembenahan

-Nasional-96 views

Jakarta, JNcom – Ketua LBH Phasivic, Raden Mas Agus Rugiarto, SH mengatakan, terkait 1 tahun kinerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf, jika melihat statistik dalam periode kedua ini cukup berhasil, terbukti dengan adanya peningkatan ekspor dengan total 53,95 miliar dollar atau naik sebesar 44 persen. Demikian halnya untuk bidang-bidang lainnya mengalami peningkatan walaupun tengah menghadapi Covid-19.

“Program Jokowi cukup berhasil namun yang perlu dibenahi adalah bawahan-bawahannya yang harus segera diselesaikan. Artinya, Presiden harus bijak dalam mengambil sikap,” ujar Agus Rugiarto, pada diskusi publik refleksi 1 tahun pemerintahan Joko Widodo – Ma’ruf Amin, Selasa (20/10/2020) di Jakarta.

Hal senada disampaikan Rizal Tuhuloula, Sekretaris PW GPI Jakarta Raya bahwa pada periode kedua ini, Jokowi mampu mengkonsolidasikan para elit politik. Goncangan pandemi telah menggoyangkan ekonomi Indonesia, namun masih terlihat tidak adanya koordinasi yang jelas sehingga melahirkan implementasi yang buruk. Hal ini bisa dilihat dari tingkat kepuasan sebagaimana yang dilakukan oleh beberapa lembaga survei.

Pendapat lain disampaikan Ismail Abdul Kadir, Aktivis Millenial bahwa ada 2 masalah yang kini sedang dihadapi Jokowi yaitu penanganan Covid-19 yang menurutnya, tidak ada sinkronisasi antara informasi dengan pembantu presiden. artinya tidak ada harmonisasi dalam penanganan Covid-19. Kedua, adalah terkait Omnibus Law. Menurutnya, alasan investasi tidak masalah namun yang perlu diperhatikan adalah kepastian perlindungan terhadap lingkungan dan masyarakat kecil.

“Saya melihat ini terobosan baru sebagaimana dilakukan beberapa negara tetapi kultur birokrasi barat berbeda dengan kita. Terpenting adalah kebijakan pemerintah harus mampu menjawab tantangan bangsa ini,” jelasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed