by

Munas AKI, Patenkan Ayam Endimik Indonesia Ke Mancanegara

-Nusantara-78 views

Bogor, JNcom – Ayam Kate mempunyai keistimewaan tersendiri bagi pecinta dan penggemar di tanah air karena keindahan serta daya tarik tersendiri yang di milikinya.

Himpunan Penghobi Ayam Kate Indonesia (HIPAKI) melaksanakan Munas Nasional (Munas) yang pertama di tahun 2020 berlangsung hari ini. Untuk menentukan kearifan lokal ayam asal Indonesia juga belum diakui oleh bangsa lain akan jenis ayam yang satu ini.

Harry Zulfahar, Ketua Panitia Pelaksana Munas Himpunan Penghobi Ayam Kate Indonesia yang akrab disapa bang Zul mengatakan, suatu tujuan yang mulia akan kami capai yang bertujuan membentuk wadah Perhimpunan Ayam Kate Nasional agar semua komunitas pencinta dan penghobi ayam kate di seluruh Indonesia bisa bersatu dan membesarkan serta menyebarkan jenis indemik ayam kate yang berasal dan asli milik bangsa Indonesia harus segera dipatenkan.

Munas ini bertujuan membentuk suatu perkumpulan yang di akui hukum sehingga diakui legalitasnya di dalam negeri maupun manca negara, Saat dijumpai media Jurnalnusantara.com di lokasi Munas, Cisarua Bogor. Sabtu (17/10/2020).

Munas yang digelar pertama ini di hadiri oleh16 ketua komunitas ayam kate dari seluruh Indonesia yang berlangsung sejak 17 Oktober hingga 18 Oktober 2020.

Ayam Kate merupakan ayam endemik asli Indonesia yang mempunyai keindahan dari ayam-ayam lainnya yang mengerti dan memahami tentang unggas yang berbadan pendek ini,” ujar bang Zul.

“Nama perhimpunan ayam kate yang disepakati dalam munas pertama ini nantinya akan kita bawa ke Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) untuk mendapatkan badan hukum, juga logo yang identik dengan identitas Indonesia, besok merupakan hari terakhir akan di tetapkannya Ketua Umum DPP,” ungkap bang Zul.

Penggagas dan sekaligus pencetus munas ayam kate ini sangat bersyukur dengan terlaksananya event besar ini.

“Kita dalam waktu dekat ini sudah ada rujukan maupun undangan salah satunya dari negara Thailand untuk mengikuti Kontes ayam kate,” ungkapnya.

Lebih lanjut bang Zul mengatakan untuk tujuan jangka panjangnya, kita akan memperkenalkan dan mempatenkan jenis indemik ayam kate Indonesia ke kancah manca negara dengan menyelenggarakan dan melakukan kontes -kontes ayam kate asli Indonesia di dunia Internasional.

Dikesempatan ini Yusron selaku panitia acara munas menambahkan, Saya sangat bersyukur atas kehadirannya pada kesempatan ini, nantinya perhimpunan ini merupakan suatu wadah yang akan menampung komunitas-komunitas di seluruh Indonesia.

Pelaksanaan munas pertama ini, terlihat para peserta yang hadir sangat antusias mengikuti munas ini.

Dikatakannya, Ayam Kate mempunyai kekuatan umurnya bisa mencapai 13 tahun lebih dan kisaran nilai harga Ayam Kate hingga Rp.18 juta.

Kepada para penghobi Ayam Kate, mari kita semangat untuk terus mengembangkan Ayam Kate dan kita harus bisa mengatakan pada dunia bahwa Ayam Kate adalah kekayaan sumberdaya asli dari Indonesia, jangan sampai kita gigit jari di akui oleh negara lain,” tuturnya.

“Semoga kita kumpul di Munas ini bisa tercapainya tujuan untuk mempatenkan dan melegalkan Ayam Kate Indonesia agar tidak di klaim oleh negara lain dan dikancah manca negara bisa dilombakan dalam berbagai kejuaraan, event ataupun turnamen,” tandasnya.(Guffe).

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed