by

Pengamat : Gatot Nurmantyo Miliki Kans yang Sama Untuk Bertarung di Pilpres 2024

-Nasional-66 views

Jakarta, JNcom – Analis politik asal UIN Jakarta Bakir Ihsan menilai, seluruh figur yang diprotret elektoralnya oleh publik akan memiliki kans yang sama untuk bertarung di Pilpres 2024. Kans ini tak hanya berlaku bagi figur yang memiliki partai atau sebagai kader partai.

Bakir mengatakan, dari seluruh figur yang beredar, memang yang berlatar belakang parpol maupun kepala daerah masih mendominasi persepsi publik. Namun, potensi figur lain juga tak menutup kemungkinan bakal muncul, seperti mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo yang belakangan mencuri perhatian publik melalui ‘manuver’ dengan mengangkat isu kebangkitan PKI atau komunis.

“Kans selalu ada apabila mampu membaca dan menggunakan situasi dan menempatkan diri secara tepat di tengah dinamika (momentum) politik nasional,” tutur Bakir saat dihubungi, Kamis (8/10/2020).

Menurut Bakir, momentum perlu dikreasi. Dalam hal ini, Gatot memiliki modal sosial yang cukup dengan bergabung ke Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) bahkan menjadi salah satu presidium.

Dosen FISIP UIN Jakarta ini melihat, berdasarkan fakta yang ada, soal peluang tergantung pada sosok itu sendiri. Artinya, figur dari parpol pun masih harus bersaing dari sisi elektoral.

“Dulu SBY (Susilo Bambang Yudhoyono) tidak punya partai, tapi karena ada peluang dengan SBY yang ‘mendadak’ fenomenal, ia bentuk partai dan merangkul partai-partai kecil, dan berhasil jadi presiden,” pungkasnya. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed