by

Sebelum Rencana Pemerintah, MUI Sudah Lama Lakukan Standarisasi Dai

-Nasional-72 views

Jakarta, JNcom – Rencana Kementerian Agama (Kemenag) untuk melakukan sertifikasi dai menjadi polemik. Kebijakan itu menuai kritik dari banyak pihak.

Di tengah ramainya polemik tersebut, Ketua Komisi Dakwah dan Pengembangan Masyarakat Majelis Ulama Indonesia (MUI) KH Cholil Nafis menunjukkan foto lembar sertifikat “Syahadah Standardisasi Dai” yang menunjukkan bahwa dirinya telah mengikuti standardisasi dai.

Sertifikat itu, kata Ia, ditandatangani oleh Ketua Bidang Dakwah dan Pengembangan Masyarakat KH Abdussomad Buchori dan KH Cholil Nafis sendiri pada 2 Desember 2019.

Cholil mengatakan sudah melakuan standardisasi dai. “MUI sudah melakukan standardisasi 1,2 dan 3 angkatan yang jumlahnya 280-an asatidz di antaranya juga pengurus MUI. Insya Allah bulan ini angkatan yang ke 4 untuk beberapa pengurus MUI di 34 provinsi,” tulis Cholil Nafis.

Dia menjelaskan tujuan MUI melakukan standardisasi dai untuk meningkatkan kompetensi dai. “Kami melakukan pembinaan dan peningkatan kompetensi agar dakwah lebih solutif,” katanya. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed