by

PKS : Tindak Tegas Bagi Paslon Langgar Protokol Kesehatan

-Nasional-72 views

Jakarta, JNcom – Tahapan pendaftaran pada 4-6 September kemarin di 270 daerah yang menggelar Pilkada Serentak 2020 banyak diwarnai oleh pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 (virus Corona) oleh bakal pasangan calon (bapaslon), parpol, maupun simpatisan pendukung.

Menanggapi hal itu, anggota Komisi II DPR dari Fraksi PKS Mardani Ali Sera menilai, pelanggaran yang dilakukan saat pendaftaran kemarin sangat berbahaya dan perlu dievaluasi.

“Pendaftaran kemarin berbahaya dan mesti dievaluasi bersama. Tidak boleh ada pelanggaran protokol Covid-19 setelah ini,” kata Mardani saat dihubungi di Jakarta, Senin (7/9/2020).

Ketua DPP PKS ini mengusulkan agar diberlakukan sanksi yang tegas bagi paslon, pendukung dan simpatisan jika pelanggaran terhadap protokol kesehatan Covid-19 masih terjadi. Tanpa sanksi yang tegas, pelanggaran protokol Covid-19 di tahapan selanjutnya berpotensi terus terjadi, apalagi masa kampanye nanti.

“Pendaftaran suhunya jauh di bawah kampanye. Bisa dipastikan jika tidak ada aturan tegas seperti sanksi pengguguran pencalonan pelanggaran bisa terus berulang,” ujarnya.

Legislator asal DKI Jakarta ini mengusulkan sejumlah sanksi kepada para pelanggar. Sanksi paling berat adalah diskualifikasi, sanksi sedang yakni memberikan kesempatan hingga 3 kali, jika masih melanggar harus diskualifikasi. Dan sanksi terendah, membatasi jumlah hari kampanye jika terbukti melanggar. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed