by

Amankan HKBP Cibinong, Ratusan Polisi Diturunkan

-Nusantara-202 views

Cibinong, JNcom – Ribuan Jemaat Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang berkumpul di dalam area Gereja HKBP Cibinong menghadang kedatangan rombongan pendeta baru yang seyogyanya akan dilantik hari ini, Minggu (16/8/2020), dan meminta pendeta Gideon Saragih tetap menjabat hingga pembangunan Gereja selesai. Ratusan aparat kepolisian pun diturunkan untuk mengamankan lokasi sekitar Gereja untuk menghindari bentrokan antar jemaat.

Ketua Majelis Perbendaharaan, Sintua TJ Siahaan didampingi Tim Bantuan Hukum HKPB Cibinong, mengatakan, akar persoalan internal ini berawal dari pembangunan Gereja terkait skema pembiayaan yang tidak dikehendaki mayoritas jemaatnya. Setelah melalui proses rapat jemaat, akhirnya diputuskan pembangunan dilanjutkan secara swakelola. Ditengah pembangunan sedang berjalan, lanjut Sintua, SK mutasi pendeta Gideon Saragih keluar.

“Kami melihat ini ada cacat birokrasi. Di peraturan HKBP, untuk mutasi pendeta ressort harus melalui rapat pimpinan Ephorus, Sekjen dan 3 kepala departemen. Namun demikian, jemaat meminta Ephorus untuk menunda mutasi pendeta Saragih karena masih dibutuhkan oleh jemaat hingga pembangunan selesai,” ujarnya.

Dalam persoalan tersebut, Sintua meminta sama-sama menahan diri dan menghormati proses hukum yang sedang berjalan di Pengadilan Tarutung, Sumatera. (Red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed