by

Hindari Politik Uang, Jerry: Perlu Ada Polisi Kepemiluan

-Nasional-56 views

Jakarta, JNcom – Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies (P3S), Jerry Massie mengatakan, timbulnya berbagai masalah dalam Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) seperti politik uang (money politics), dinasti politik, dan dugaan menggerakkan Aparatur Sipil Negara (ASN) disebabkan karena belum adanya lembaga peradilan khusus pemilu dan pilkada.

“Selama ini saya melihat proses tersebut hanya dilakukan di Gakkumdu dan jumlah yang vonis pidana hanya dihitung dengan jari. Saya kira perlu adanya suatu lembaga peradilan khusus atau yang langsung ditangani Bawaslu sebagai lembaga pengawasan,” ujar Jerry kepada wartawan, Minggu (5/7/2020).

Ia mencontohkan di militer ada Mahmil, di ASN ada SatPol PP, dan di kepemiluan juga harus ada. Dengan demikian, jika ada pemberi uang, jasa atau barang bisa dijerat dengan undang-undang. Sebagai contoh, 7 kasus politik uang jelang Pemilu dan Rp1 Miliar di mobil hingga Rp500 juta di lobi hotel sudah tak terdengar. Bahkan survei dari satu lembaga 2014 silam 34% pemilih pernah ditawari suap.

“Untuk memutus rantai ini, maka harus ada polisi kepemiluan. Kalau tak ada lembaga khusus peradilan Pemilu, maka praktik politik uang dan mahar politik bahkan transaksional akan tumbuh subur. Sementara kalau ada polisi pemilu maka semua kasus bisa ditangani dan bisa dipidana,” ujarnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed