by

Pemilu AS 2020, Kandidat Presiden Akan Hadapi Banyak Tantangan

-Nasional-53 views

Jakarta, JNcom – Analis politik internasional, Muhammad As Hikam mengatakan, melihat peta politik Amerika Serikat pada pemilu 2020 ini, tantangan yang akan dihadapi oleh petahana dan penantangnya adalah persoalan pandemi Covid-19 yang masih belum ada tanda-tanda terkontrol dan berdampak multidimensional. Kedua adalah kondisi ekonomi yang terancam mengalami penurunan, kondisi sospol yang volatile akibat isu rasial dan protes massal serta trend popularitas personal Donald Trump dan Joseph Biden.

“Kedua calon presiden AS ini akan memperebutkan pemilih progresif, kaum milenial, pemilih perempuan dan minoritas non Afro-Amerika. Namun demikian, menjelang Pilpres 2020 ini, peta konstelasi politik AS menunjukkan terbukanya peluang bagi petahana jika melihat situasi pandemi, ekonomi yang merosot dan timbulnya gejolak sosial,” jelasnya dalam diskusi Webinar yang diselenggarakan oleh P3S dan Pewarna Indonesia, Sabtu (27/6/2020) di Jakarta.

Dalam kesempatan yang sama, Pakar Hubungan Internasional, Hikmahanto Juwana berpendapat, masyarakat internasional pada umumnya kecewa melihat kepemimpinan Trump karena tidak membawa nilai-nilai AS terutama terkait leadership dan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkannya. “Dalam pemilu nanti, dunia akan merasa nyaman ketika AS tidak lagi dipegang Trump,” ujarnya.

Peneliti Politik AS, Jerry Massie mengatakan, jika melihat kemenangan Trump pertama kali, marketing politik yang diusungnya bisa meruntuhkan lawannya. Namun demikian, petahana perlu mengubah strategi untuk memenangkan kembali. Apabila Trump tidak mengubah strategi, dikhawatirkan akan kalah.

“Saat ini yang menentukan atau kunci kemenangan bagi Trump adalah ia harus menguasai suara di dua kota yaitu Texas dan California,” jelasnya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed