by

Terkait Covid-19, Mardani Ali Sera Nilai Wajar Publik Tak Puas Dengan Kinerja Pemerintah

-Nasional-254 views

Jakarta, JNcom – Anggota DPR dari Fraksi PKS, Mardani Ali Sera menilai wajar masyarakat tidak puas dengan kinerja Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin dalam menangani pandemi COVID-19.

Indobarometer merilis hasil survei mengenai tingkat kepuasaan masyarakat dalam penanganan pandemi COVID-19. Hasilnya, 53,8% masyarakat menyatakan tidak puas dengan cara Presiden Jokowi menangani COVID-19.

“Saya sih menilai wajar publik tidak puas dengan kinerja Pemerintahan Jokowi. Kalau istilah milenialnya, pemerintah banyak “labilnya” dan membuat ambyar kebijakan,” ujar Mardani dalam keterangan tertulis, Kamis (28/5/2020).

Dia menggunakan beberapa indikator mengenai penanganan COVID-19 yang tidak berjalan secara baik. Pemerintah, menurutnya, sejak awal masa pandemi COVID-19 terkesan meremehkan dan menolak peringatan kemungkinan virus Sars Cov-II sudah masuk ke Indonesia. Hal itu telah disampaikan lembaga dunia dan peneliti.

“Jadi ya begitulah lucunya rezim ini. Saya saja masih ingat ada pejabat mengatakan ‘Corona pergi dari Indonesia’, ‘COVID-19 tidak sampai ke Indonesia karena perizinannya berbelit-belit’, dan lain-lain,” tutur Politikus Partai Keadilan Sejahtera (PKS) itu.

Alumni Universitas Indonesia itu menerankan penanganan dampak multisektoral dari pandemi COVID-19 terkesan lemah dan lambat. Pengangguran dan kemiskinan semakin meningkat karena lemahnya permasalahan data.

Pemerintah harus menjadikan survei Indobarometer itu sebagai bahan evaluasi diri agar penanganan COVID-19 lebih baik lagi. Mardani berharap Pemerintah Jokowi-Ma’ruf Amin menjadikan survei itu sebagai pelecut semangat untuk bekerja lebih keras lagi.

“Harusnya melibatkan para pakar/scientist dalam membuat (kebijakan) dan berbasis data). Selain itu, kurangi kebijakan yang mencla-mencle. Alur kinerja dan komunikasi harus lebih sistematis dengan rantai komando yang jelas dari pusat hingga level RT dan RW,” pungkasnya.(SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed