by

Dies Natalis ke-11, Unhan Ingin Wujudkan Sebagai World Class Defense University di 2024

-Nusantara-51 views

Sentul, JNcom – Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) Letnan Jenderal TNI Dr. Tri Legionosuko, S.IP., M.A.P., kembali mewisuda 365 orang Pascasarjana (S2) Magister Ilmu Pertahanan yang bertepatan dengan Dies Natalis ke-11 Unhan. Wisuda bertempat di Gedung Aula Merah Putih Kampus Unhan Sentul, Rabu (11/3/2020).

Rektor mengatakan Unhan mewisuda dari berbagai fakultas yakni, Fakultas Strategi Pertahanan, Fakultas Manajemen Pertahanan, Fakultas Keamanan Nasional dan Fakultas Teknologi Pertahanan.

“Ada empat fakultas didalam wisuda tahun ini dengan jumlah wisudawan dan wisudawati dari setiap fakultasnya,” tutur Legionosuka, Rabu (11/3/2020).

Selain itu, sambung Rektor, Unhan juga meluluskan wisudawan dan wisudawati dari negara-negara sahabat diantaranya, Zimbabwe, China, Arab Saudi, India dan Philipina.”Jadi komposisi wisudawan pada periode ini terdiri dari 87 orang TNI AD, 35 orang TNI AL, 37 orang TNI AU, 2 orang Polri, 11 orang PNS, 187 orang umum dan 6 orang mahasiswa asing,” terang Rektor berbintang tiga ini.

“Dan dari 62 mahasiswa yang lulus ini, ada 9 orang diantaranya mendapatkan predikat lulus dengan pujian (Cum Laude) dari program studi Strategi Perang Semesta, FSP Unhan,” tambahnya.

Lulusan Unhan, ungkap Dia, adalah kader bela negara. Dan alumni unhan merupakan suatu kebanggaan sehingga harus mampu memaknai diri sendiri, memiliki added value dan menjadi defence human capital. “Ini menjadi isyarat bahwa alumni Unhan memiliki kekuatan yang sangat besar untuk kontribusi dan berperan serta dalam proses pembangunan bangsa Indonesia,” jelasnya.

Tentunya hal tersebut, sesuai dengan harapan Kementerian Pertahanan yang menginginkan alumni Unhan bukan saja mampu berfikir dan bertindak sesuai dengan bidang keilmuan saja, tetapi memiliki karakter dan wawasan kebangsaan sesuai dengan nilai-nilai yang terkandung dalam bela negara.”Sehingga alumni Unhan memiliki identitas dan jiwa nasionalis yang kuat serta berintegritas,” pungkasnya.

Untuk diketahui, Unhan Dies Natalis ke-11 ini telah mengukuhkan sebagai Kampus Bela Negara dan tahap berupaya mewujudkan visinya sebagai perguruan tinggi yang berstandar kelas dunia (World Class Defense University) pada 2024. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed