by

Sambangi KPK, Hasto Kembali Diperiksa Sebagai Saksi Terkait Kasus Wahyu

-Nasional-246 views

Jakarta, JNcom – Sekretaris Jenderal PDIP, Hasto Kristiyanto memenuhi panggilan pemeriksaan oleh penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Hasto mengatakan bahwa dirinya diundang secara rahasia oleh penyidik KPK terkait pemanggilannya.

“Terima kasih hari ini saya datang memenuhi panggilan undangan dari penyidik KPK bersifat rahasia untuk menjadi saksi dan sebagai warga negara yang menjunjung tinggi hukum dan wajib laksanakan hukum tanpa kecuali saya hadir penuhi undangan tersebut dan akan berikan keterangan sebaik-baiknya,” ujar Hasto di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (26/2/2020).

“Lanjutkan yang kemarin sama,” ucap Hasto.

Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri membenarkan bahwa Hasto diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas perkara tersangka mantan Komisioner KPU Wahyu Setiawan (WSE)

“Dipanggil sebagai saksi untuk tersangka WSE,” ungkap Ali.

Diketahui, KPK telah menetapkan mantan Komisioner KPU, Wahyu Setiawan sebagai tersangka penerima suap terkait penetapan Anggota DPR RI Terpilih tahun 2019-2024.

Selain Wahyu, KPK juga menetapkan tiga orang lainnya sebagai tersangka yakni sebagai penerima mantan Anggota Badan Pengawas Pemilu yang juga orang kepercayaan Wahyu yakni Agustiani Tio Fridelina, dan sebagai pihak pemberi mantan Caleg dari PDIP Harun Masiku dan pihak swasta Saeful.

Dalam kasus ini, Wahyu meminta kepada Caleg PDIP Harun Masiku sebesar Rp900 juta agar dapat ditetapkan oleh KPU sebagai anggota DPR menggantikan caleg terpilih dari PDIP atas nama Nazarudin Kiemas yang meninggal dunia pada Maret 2019. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed