by

Kepala BSSN Terima Kunjungan Menkomarves dan Menkeu

-Nasional-85 views

Jakarta, JNcom – Kepala Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), Letjen TNI (Purn) Hinsa Siburian menerima kunjungan kerja dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menkomarves), Luhut Binsar Panjaitan dan Menteri Keuangan (Menkeu), Sri Mulyani di Kantor BSSN Ragunan, Jakarta Selatan, Rabu (5/2/2020).

Dalam menerima kunjungan tersebut, Kepala BSSN didampingi oleh Wakil Kepala BSSN Dharma Pongrekun, Deputi Bidang Identifikasi dan Deteksi Aries Wahyu Sutikno, Deputi Bidang Proteksi Akhmad Toha, Deputi Bidang Penanggulangan dan Pemulihan Yoseph Puguh Eko Setiawan, dan Deputi Bidang Pemantauan dan Pengendalian Suharyanto.

Kepala BSSN menyatakan BSSN merupakan perwujudan kehadiran negara dalam menjaga ruang siber Indonesia. Dijelaskan bahwa tugas BSSN adalah melaksanakan keamanan siber dan persandian, serta berupaya melindungi dan mendorong pertumbuhan ekonomi digital Indonesia yang potensi transaksinya pada tahun 2020 ini mencapai US$ 130 miliar. Kepala BSSN juga menyampaikan berbagai program capaian BSSN terkait pengembangan infrastruktur Pusat Operasi Keamanan Siber Nasional (Pusopkamsinas), penerapan Tanda Tangan Elektronik BSrE (Balai Sertifikasi Elektronik), penerbitan Penilaian Mandiri Keamanan Informasi (PAMAN KAMI) untuk Usaha Kecil dan Menengah, pengamanan Aplikasi Kritis Nasional, dan peningkatan cyberpower Indonesia diantaranya terkait dengan penguatan Kapasitas SDM Keamanan Siber, pembangunan dan penguatan Computer Emergency Response Team (CERT), pengamanan Infrastruktur Siber, penyusunan RUU Keamanan dan Ketahanan Siber dan peraturan turunannya serta peningkatan kerjasama internasional bidang keamanan siber.

Pada kunjungan di Kantor BSSN, Menkomarves dan Menkeu berkesempatan untuk meninjau fasilitas dan infrastruktur keamanan siber milik BSSN. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed