by

Gubernur Anies Baswedan Resmikan GOR UNJ

Jakarta, JNcom – Universitas Negeri Jakarta (UNJ) memiliki peran dalam prestasi olahraga baik ditingkat nasional maupun internasional. Sejak bernama Sekolah Tinggi Olahraga (STO) yang kini menjadi Fakultas Ilmu Olahraga UNJ telah melahirkan banyak atlet nasional berprestasi. Hal ini disampaikan Dekan Fakultas Ilmu Olahraga UNJ, Dr. Johansyah Lubis, M.Pd pada peresmian GOR UNJ, Minggu (2/2/2020) di Jakarta.

Peresmian dihadiri oleh Ketua Dewan Pertimbangan Presiden RI sekaligus Dewan Penyantun UNJ, Jenderal Purnawirawan TNI DR Wiranto, Anggota DPD RI, Sylviana Murni, Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si, Ketua Umum KONI Provinsi DKI Jakarta, Laksamana Pertama (Purn) TNI AL, Jamhuron T. Wibowo, para Pejabat lingkungan Provinsi DKI Jakarta dan dosen serta atlet yang lahir dari UNJ.

“Dengan adanya bantuan dari pemerintah provinsi DKI Jakarta, UNJ diharapkan dapat mewujudkan memiliki reputasi di kawasan Asia yang didukung dengan fasilitas kelas dunia. Dengan berdirinya GOR UNJ ini pula diharapkan dapat memberikan dampak yang berarti bagi pembangunan olahraga DKI Jakarta dan Indonesia,” ujar Johansyah.

Rektor UNJ, Dr. Komarudin, M.Si mengatakan, GOR yang dibangun dengan taraf internasional menggantikan GOR sebelumnya yang telah melahirkan atlet-atlet nasional dan internasional. Oleh karena itu, peresmian GOR UNJ ini menjadi momentum untuk memacu dan memotivasi untuk meningkatkan prestasi yang lebih tinggi lagi.

“Keberhasilan pembangunan GOR ini berkat kerjasama Pemprov DKI Jakarta yang telah mengucurkan anggaran 89 milyar dan habis untuk pembangunan GOR ini dalam bentuk hibah,” imbuhnya.

Sementara itu, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan, pembangunan GOR ini merupakan bentuk komitmen Pemprov DKI dalam menyediakan sarana dan prasarana olahraga bagi masyarakat. Pembangunan juga merupakan kelanjutan dari program revitalisasi Gelanggang Olahraga serta fasilitas olahraga lain di bawah pengelolaan Pemprov DKI.

Anies berharap dengan adanya GOR dengan fasilitas standar internasional ini bisa lahir prestasi baru di dunia olahraga, khususnya dari kalangan universitas, dan warga yang tinggal di sekitar.

“Dahulu UNJ memakai fasilitas lama, harapannya dari GOR dengan fasilitas terbaru dan terlengkap ini muncul lebih banyak lagi atlet-atlet berprestasi kelas dunia dan prestasi yang lebih tinggi lagi,” ujar Anies.

Lebih lanjut, Anies mengatakan GOR UNJ harus terus dimaintain dan dirawat. Kebersihan dari gedung ini harus terus diperhatikan. Seluruh fasilitasnya juga harus dirawat agar nantinya muncul prestasi yang optimal.

Diketahui pelaksanaan pembangunan GOR Universitas Negeri Jakarta menggunakan mekanisme pemanfaatan dana pelampauan Koefisien Lantai Bangunan (KLB) kewajiban PT. Amarta Karya (Persero). GOR Universitas Negeri Jakarta dibangun diatas lahan hibah sebesar Hektar milik Pemprov DKI Jakarta dengan anggaran sebesar Rp 89 miliar dan memakan waktu delapan bulan mulai Juni 2019 sampai Januari 2020

Gelanggang Olahraga UNJ mempunyai 3 lantai; di lantai 1 terdapat lahan parkir, lab fisioterapi, ruang kelas/multimedia. Lantai 2 merupakan area ball games, terdapat lapangan GOR dengan standar internasional seperti futsal, bulu tangkis, gym, dll. Lantai 3 berisi tribun dengan kapasitas 1000 orang dan ruang serbaguna yang bisa digunakan untuk ruang pertemuan dan seminar. (Mul)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed