by

Andrea Hirata Gambarkan Idealisme Seorang Guru Lewat Novel

Jakarta, JNcom – Terobsesi ingin menemukan seorang yang genius matematika, seorang guru bernama Desi dengan idealisme yang dimilikinya bertekad mengajar matematika di daerah pelosok. Suatu saat Desi bertemu dengan Aini, anak murid dengan daya tangkap yang sangat rendah namun punya semangat juang yang tinggi sehingga Desi yang kini menjadi Guru Aini berupaya mencari cara dan metode yang tepat untuk memahamkan pelajaran matematika kepada Aini.

Kisah tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk novel oleh Andrea Hirata, seorang penulis terkenal yang telah melahirkan karya-karya seperti Laskar Pelangi, Sang Pemimpi, Buku Besar Peminum Kopi, Ayah dan Sirkus Pohon, Orang-orang Biasa, dan Mozaik-mozaik Terindah.

“Saya sadar betul bahwa dengan novel Guru Aini ini, saya akan berhadapan dengan guru-guru yang akan merefleksikan profesi mereka dalam karya ini. Dalam menulis buku ini ada tuntutan ketika berbicara novel dalam terminologi akurasi yang sebenarnya tidak bisa. Jadi tantangannya banyak sekali,” ujar Andrea, dalam peluncuran buku Guru Aini, Minggu (2/2/2020) di Jakarta.

Andra mengaku menulis buku ini berlatarbelakang dari keprihatinan bahwa banyak anak-anak menganggap matematika menjadi momok yang menakutkan. Dalam menulis buku ini juga, kata Andrea, tidak digunakan kata-kata yang memberi efek kemunduran. Semua kata-kata yang digunakan selalu memiliki alasan.

“Saya mengajak kepada penulis-penulis lainnya untuk berkarya dengan tema sains. Dengan menulis tema sains justru akan memperkaya pengetahuan,” pungkasnya. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed