by

Dukung Industri Kreatif, INFORMA Umumkan Pemenang REAL DEAL

Jakarta, JNcom – INFORMA bekerjasama dengan Bank BRI dan didukung BEKRAF mengumumkan pemenang program INFORMA REAL DEAL yaitu kompetisi entrepreneurship yang bertujuan mendorong generasi muda untuk bisa mewujudkan ide bisnisnya, Kamis (12/12/2019) di Gedung Kawan Lama, Jakarta. Dari 425 peserta, juri menentukan 3 besar finalis terpilih, Aldy Giovany Muslim dari Tasikmalaya berhasil menjadi juara pertama, Renaldo Akhira Ruslan dari Tangerang menjadi juara ke-dua, dan Ahmad Ali Mahmudi dari Sumbawa menjadi juara ke-tiga.

Nana Puspa Dewi, Marketing Director Kawan Lama Group menjelaskan, dari seluruh proposal yang masuk, dewan juri memilih Aldy Giovany Muslim sebagai pemenang melalui bisnis KALAVA COCONUT SMOOTHIES yang menawarkan konsep minuman sehat berbahan dasar kelapa. Penilaian dilakukan berdasarkan 3 kriteria utama, yaitu Ide Kreatif melalui Iangkah kongkrit dan inovatif dalam mewujudkan visi dan misi bisnis untuk perbaikan yang berkelanjutan, Konsep Interior yang memiliki korelasi bisnis kreatif antara ide bisnis yang diusung dengan bagaimana konsep interior dan furnitur yang akan digunakan sehingga bisa memberikan dampak kepada bisnis, serta Visi Misi Bisnis yang jelas dengan ide orisinil, serta berpotensi menjadi bisnis yang dapat berkembang dan direalisasikan di masa sekarang dan akan datang.

“Program INFORMA REAL DEAL hadir sebagai salah satu solusi untuk mewujudkan ide bisnis atau mengembangkan bisnis yang sedang dijalani melalui ajang adu kreativitas konsep berbisnis baik perorangan maupun grup, dengan hadiah senilai total Rp 200 juta dalam bentuk produk furnitur dan tambahan modal. Program ini mendapat sambutan yang sangat positif dari masyarakat, karena dalam waktu 45 hari masa pengumpulan proposal, terkumpul 425 peserta dengan berbagai jenis usaha mulai dari restoran dan cafe, kantor/co-working space, butik dan fashion, sekolah dan tempat kursus hingga salon dan kecantikan. Peserta dinilai oleh tim juri Independent dan Internal UNFORMA, Sonny Agustiawan (Entrepreneur & Manager Program Bisnis Universitas Prasetiya Mulya), Meutia Kumala (Managing Director INFORMA), Daniel Trisno (Operation Director INFORMA), Nana Puspa Dewi (Marketing Director Kawan Lama Group), Gregory Widjaja (Chief Finance Officer Kawan Lama Group) serta Teresa Wibowo (CEO Ruparupa).

Aldy Giovany Muslim dari Tasikmalaya berhasil menjadi juara pertama dan berhak mendapatkan hadiah semlai total Rp. 100 juta melalui bisnis KALAVA COCONUT SMOOTHIES, yaitu minuman ringan menyegarkan berbahan campuran air dan daging kelapa disertai pilihan topping, menawarkan citarasa minuman baru namun tetap menyehatkan. Dalam menjalankan bisnisnya, Aldy menggunakan sumber daya kelapa lokal bekerjasama dengan petani setempat. Selain itu, kelapa juga merupakan bahan baku yang minim limbah karena seluruh bagiannya dapat dimanfaatkan seperti menjadi arang, sapu lidi, dan sabut. Visinya, menjadikan KALAVA sebagai jembatan untuk produk-produk yang kaya manfaat baik bagi manusia, hewan dan lingkungan.

Pemenang ke-dua adalah Renaldo Akhira Ruslan dari Tangerang, yang menghadirkan SUMMER HOUSE yaitu bisnis minuman yang unik dengan membawa konsep ala summer ke perkotaan melalui paradise drink didukung gerai yang instagramable dengan desain double deck. Renaldo menyebut bisnis ini adalah pionir konsep mini bar yang menyediakan produk good lifestyle untuk millennial. Dengan visi menjadi bisnis F&B terbaik dari segala aspek dengan konsep summer yang mudah ditemui di pusat kota, proposal bisnis ini berhak mendapatkan hadiah senilai total Rp. 60 juta.

Pemenang ke-tiga ditempati oleh Ahmad Ali Mahmudi dari Sumbawa Besar yang mencoba mengangkat sumber daya lokal penghasil madu melalui bisnis Teknobiofood “Donat Madu Samawa 4.0”, yaitu donat imut dengan ekstra madu Sumbawa dan susu kerbau. Minimnya usaha penganekaragaman produk berbahan baku madu Sumbawa yang membuat daya serap komoditi ini masih terbatas, menjadi alasan Ahmad memilih jenis usaha home industry ini. Visinya adalah menjadi perusahaan donut & bakery terbesar dan terpercaya di Nusa Tenggara Barat dengan pelayanan terbaik. Sebagai juara ke-tiga, ”Donat Madu Samawa 4.0” mendapatkan hadiah senilai total Rp. 4O juta.

Menanggapi kerjasama tersebut, Muhammad Yusuf, Assistant Vice President Bank BRI mengatakan melalui program REAL DEAL, Bank BRI dengan bangga turut mendukung kemajuan industri kreatif di tanah air. “Kami optimis kerja sama ini akan berkembang dan mampu menginspirasi sekaligus memacu para pelaku industri kreatif agar lebih meningkatkan kapasitas usahanya. (red)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed