by

Tingkatkan Pelayanan Dokumen, BIG dan BSN Tandatangani Kerjasama

-Nasional-162 views

Cibinong, JNcom – Dalam rangka meningkatkan pelayanan akses dan pemanfaatan dokumen Standar Nasional Indonesia (SNI) di bidang Informasi Geospasial kepada masyarakat, Badan Standardisasi Nasional (BSN) mengadakan penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dengan SNI sekaligus peresmian SNI Corner di lingkungan BIG, Selasa (10/12/2019) di kantor BIG, Cibinong, Jawa Barat.

Kepala Pusat Promosi dan Kerjasama, Wiwin Ambarwulan mengatakan, pembangunan SNI Corner ini sesuai dengan amanat UU Nomor 4 Tahun 2011 tentang Informasi Geospasial beserta turunannya, yaitu PP Nomor 9 Tahun 2014, bahwa BIG sebagai instansi pembina penyelenggaraan Informasi Geospasial (IG) nasional wajib memfasilitasi pembangunan infrastruktur IG guna memperlancar penyelenggaraan IG. Salah satu pilar infrastruktur IG tersebut adalah standar. Di BIG, tugas tersebut diemban Kedeputian Bidang Infrastruktur IG, khususnya di Pusat Standardisasi dan Kelembagaan IG.

“Seluruh proses penyelenggaraan IG diharapkan mudah diakses seluruh pihak dengan adanya standar yang bermutu. Mulai dari pengumpulan, pengolahan, penyimpanan dan pengamanan, penyebarluasan, serta penggunaan data dan IG,” tuturnya.

Data dan IG, tambahnya, sejatinya menjadi Iandasan di setiap proses perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi pembangunan. Hal tersebut pada gilirannya akan memberikan dampak yang positif terhadap kemajuan pembangunan di semua sector. Yang perlu diperhatikan dari proses standardisasi adalah tahapan implementasi/penerapannya. Harus dihindari adanya penyusunan standar tanpa memperhatikan monitoring sejauh mana penerapannya oleh para penyelenggara IG. Penerapan standar dimulai dari proses sosialisasi standar itu sendiri kepada para calon penggunanya.

“Kehadiran SNI Corner di BIG menjadi salah satu sarana sosialisasi standar (dalam hal ini SNI) kepada para pemangku kepentingan IG. Fasilitas SNI Corner ini harus senantiasa dirawat dan ditingkatkan fungsinya seoptimal mungkin. Ke depan, kerja sama serta koordinasi dengan BSN tetap dibutuhkan, bahkan ditingkatkan. Sebab, salah satu fungsi SNI Cornerjuga sebagai agen ‘penjualan‘ dokumen SNI,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Biro Humas dan Informasi, Badan Standarisasi Nasional, Zul Amri menuturkan, kerjasama ini merupakan salah satu cara BSN untuk mempromosikan SNI. Meskipun sudah banyak produk yang dihasilkan, namun penerapan SNI belum optimal.

“Kami fahami bahwa penerapan SNI masih rendah penerapannya. jika dilihat dari industri, banyak standar mutu. Kami berharap dengan adanya SNI Corner ini stakeholder bisa dengan mudah mengakses SNI sehingga penerapannya nanti lebih baik,” pungkasnya. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed