by

Hari Armada 2019, Wakasal Ingatkan Peran Penting Prajurit AL

-Nusantara-332 views

Jakarta, JNcom – Dalam rangka memperingati Hari Armada Republik Indonesia tahun 2019, jajaran Komando Armada (Koarmada) I menggelar upacara di Dermaga Sunda Kompleks Satuan Koarmada I Pondok Dayung, Jakarta Utara, Kamis (5/12/2019). Peringatan HUT Armada 2019 mengusung tema “Armada Sebagai Pengawal Samudera Siap Mewujudkan Prajurit Pejuang, Profesional, Bermoral dan Militan”.

“Peringatan ini tentunya tidak dimaknai sebagai kegiatan seremonial semata, namun punya arti penting sebagai wujud rasa syukur bahwa Koarmada masih menjadi pilar Angkatan Laut dalam menjaga laut NKRI,” ujar Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal), Laksda TNI Mintoro Yulianto yang memimpin langsung upacara.

Ia menjelaskan, sejarah perkembangan Komando Armada Republik Indonesia (Armada RI) tidak terlepas dari sejarah kelahiran TNI AL yang dirintis oIeh para pejuang dalam wadah Badan Keamanan Rakyat Laut (BKR Laut) yang berdiri pada tanggal 10 September 1945.

Rintisan pembentukan Komando Armada telah ada sejak awal tahun 1950 an. ALRI berupaya mengorganlsasikan kekuatan armadanya yang masih sangat terbatas dalam bentuk Flotila Penyapu Ranjau pada tanggal 21 Agustus 1952. Guna meningkatkan dan melengkapI kemampuan tempurnya. maka sejak tahun 1954 ALRI mendatangkan sejumlah Alutsista dari luar negeri.

Setelah kualitas unsur Armada semakin canggih dan modern, serta kuantitasnya semakin besar, akhirnya terbentuklah sebuah Komando Armada berdasarkan SK KSAL No‘ A. 4/2/10 tanggal 14 September 1959 ditetapkan berdirinya organisasi Komando Armada ALRI, yang diresmikan pembentukannya pada tanggal 5 Desember 1959 oIeh KSAL Komodor Laut R.E Manadinata.

Perjalanan sejarah menunjukkan bahwa Armada RI telah tumbuh menjadi organisasi yang semakin besar dan didukung oleh berbagai jenis Alutsista. Selanjutnya sesuai Keputusan Presiden RI Nomor12 Tahun 2018, telah dlbemuk sejumlah satuan baru TNI dI wilayah Timur NKRI, termasuk Koarmada Ill sebagai bentuk penataan gelar pasukan TNI dalam rangka membangun pertahanan negara yang kuat dan merata serta dapat menjangkau seluruh wilayah NKRI.

Armada RI sebagai kekuatan tempur TNI Angkatan Laut, saat ini terbagi dalam tiga Armada, Armada I berpusat di Jakarta. Armada ll berpusat di Surabaya, dan Armada Ill berpusat di Sorong.

Peringatan di Koarmada ll akan melibatkan sekitar 1913 personel gabungan seluruh Kotama TNI AL Mlayah Surabaya, diantaranya Komando Armada RI (Koarmada ll), Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Koqulatal), Akademi Angkatan Laut (AAL). Lantamal V Surabaya. Sekolah Tlnggl Teknologl Angkatan Laut (STTAL) Pusat Penerbangan TNI AL (Puspenerbal) dan Pasmar 2 Surabaya. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed