by

Terancam Punah, Mofomofa dan Sarinah Akan Menggelar Kampanye Peduli Orangutan

-Nusantara-40 views

Jakarta, JNcom – Dalam rangka menyuarakan Orangutan, Mofomofa bersama Sarinah kembali akan menggelar acara Recycle bertema Dare to Give Back – No Plastic Bag. Acara yang akan digelar pada hari Minggu, 8 Desember 2019 di halaman parkir barat gedung Sarinah dan bertepatan dengan Car Free Day (CFD) ini bertujuan mengedukasi masyarakat untuk mengenal, mengerti dan mengembalikan apa yang telah diterima dari Udara dan Air.

Lydia Nancy, Perwakilan Mofomofa mengatakan, Mofomofa merupakan badan usaha yang didirikan sejak tahun 2017 oleh Seruni sebagai foundernya bersama 7 perempuan Indonesia yang peduli terhadap kelangsungan Orangutan dengan program diantaranya membuat merchandise, edukasi berupa buku dan film dokumenter, dan eco tour.

Keberadaan Orangutan, kata Nancy, yang kini mencapai 75.000 terancam punah, padahal tanpa disadari Orangutan merupakan kunci dalam ekosistem yang membuat rainforest Indonesia bersih dan sehat. Orangutan juga berkontribusi menyebarkan benih di rainforest sehingga terus tumbuh yang menghasilkan kehidupan awal bagi semua mahkluk dan untuk diberikan kepada manusia di bumi.

“Kita sudah banyak mengambil dari alam tetapi kita belum bisa mengembalikan. Bayangkan jika Orangutan punah, bagaimana dengan manusia di bumi,” ujar Nancy dalam jumpa pers, Selasa (26/11/2019) di Sarinah, Jl. MH Thamrin Jakarta.

Sementara itu, Direktur Bisnis Ritel PT Sarinah (Persero), Lies Permana Lestari mengatakan, sebagai department store pertama yang didirikan sejak 17 Agustus 1962, Sarinah tidak hanya berfokus kepada penjualan saja, namun juga peduli terhadap pelestarian lingkungan hidup.

“Kita tidak hanya menjual tetapi menjadi bagian dari pelestarian lingkungan hidup. Begitu pedulinya Sarinah, sampai hal terkecil pun seperti Casava Bag pun kita buat secara mendetil terbuat dari singkong. Jadi tidak ada toksin atau residu yang tertinggal dari Sarinah,” jelas Lis.

Dalam kesempatan tersebut, Sari, perwakilan dari Center Orangutan Protection mengapresiasi kegiatan yang akan digelar nanti. Sebagai polisi bagi Orangutan, pihaknya membuka diri jika ada laporan terkait Orangutan. “Kami semakin banyak kegiatan dan berupaya fokus bagaimana menciptakan hidup yang layak buat Orangutan. Kami juga punya pusat rehabilitasi Orangutan dan kami akan menelusuri apabila ada konflik orang utan dengan manusia,” pungkasnya. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed