by

Warga RW 02 Papanggo Deklarasi Pilah Sampah Dari Rumah

Jakarta, JNcom – Jutaan ton sampah yang dihasilkan DKI Jakarta menjadi persoalan serius dari tahun ke tahun yang membutuhkan solusi dalam mengatasinya. Untuk mewujudkan kesadaran gerakan nasional Pilah Sampah Dari Rumah sebagaimana yang diprogramkan oleh Kementerian Lingkungan Hidup, warga RW 02 Papanggo Jakarta Utara melaksanakan deklarasi Pilah Sampah Dari Rumah, Minggu (25/11/2019) di halaman Sekretariat RW 02 Papanggo, Jakarta Utara.

Dalam kesempatan tersebut, Ketua RW 02, Amalludin mengatakan kegiatan tersebut merupakan realisasi program RW 02 guna menanamkan kesadaran hidup terutama bagaimana menciptakan lingkungan yang bersih. Untuk prosesnya, sampah dari warga dikumpulkan dan dimasukkan ke komposter, kemudian diaduk dicampur dengan mikroba atau air cucian beras yang menghasilkan kompos untuk tanaman.

“Saya berharap dengan adanya program ini, sampah dapat dikurangi dan dimanfaatkan dengan cara menyetor ke bank sampah. Dengan dijadikannya RW 02 sebagai Kampung Kota Bersama, saya mengajak mari kita tingkatkan agar lingkungan kita menjadi lingkungan hijau, asri, berseri dan warna warni,” ungkap Amalludin.

Lurah Papanggo, Maryono juga mengungkapkan bahwa untuk menyukseskan program pilah Sampah Dari Rumah, pihak kelurahan Papanggo juga sudah punya bank sampah yang dikelola oleh PPSU. Dalam hal ini, Kelurahan Papanggo juga sudah menyontohkan agar bisa mengelola bank sampah.

“Dengan adanya bank sampah mandiri, diharapkan agar RW 02 bisa menjadi contoh dan penggerak bagi RW-RW lainnya,” ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta bidang peran serta masyarakat dan seksi bina usaha, Lingkungan dan kebersihan, Rahmat Bayangkara menyampaikan apresiasi dilaksanakannya deklarasi Pilah Sampah Dari Rumah di RW 02 Kelurahan Papanggo.

“Di Jakarta ada sebanyak 2742 RW dan baru ada 975 bank sampah. Gerakan ini merupakan suatu kebanggaan bagi dinas lingkungan hidup bahwa secara mandiri RW 02 Papanggo telah mendeklarasikan dirinya memberikan komitmen dan menjadi RW pertama mendeklarasikan tanpa ada bantuan. kami sangat berterima kasih,” pungkasnya. (my)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed