by

Pecahkan Rekor Jembatan Terpanjang di Indonesia, MURI Berikan Penghargaan kepada PT Adhi Karya

Jakarta, JNcom – Museum Rekor Indonesia (MURI) memberikan penghargaan kepada PT Adhi Karya (Persero), dimana jembatan lengkung kereta LRT Jabodebek memecahkan rekor sebagai Box Beton Lengkung dengan bentang terpanjang dan radius terkecil di Indonesia.

Ketua MURI Jaya Suprana menambahkan pihaknya juga mencatat pengujian Axial Statistic Loading Test sebagai Pondasi Bored Pile dengan Beban Terbesar di Indonesia.

“Dengan ini, saya menyerahkan sertifikat MURI untuk jembatan lengkung kereta LRT Jabodebek memecahkan rekor jembatan terpanjang di Indonesia dan satu lagi yaitu pengujian Axial Statistic Loading Test sebagai Pondasi Bored Pile Terbesar di Indonesia,” kata Jaya Suprana di Kuningan, Jakarta Selatan, Senin (11/11/2019).

Dalam kesempatan tersebut, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengucapkan selamat kepada PT Adhi Karya yang telah membantu pemerintah dalam peningkatan infrastruktur. Budi Karya menargetkan proyek LRT Jabodebek akan rampung di pertengahan tahun 2021 mendatang.

“Proyek ini akan kita selesaikan dalam kurun waktu 1,5 tahun mendatang. Kita harapkan menjadi alternatif transportasi di Indonesia. Semoga ini menjadi kebanggaan bagi bangsa Indonesia,” ujar Menhub.

Dalam acara tersebut, turut hadir Menko Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono.

Sebagai informasi, jembatan lengkung kereta api ringan atau LRT Jabodebek membentang sepanjang 148 meter dengan beban pengujian pondasi seberat 4.400 ton. Hingga 1 November 2019, progres pembangunan LRT Jabodebek Tahap I telah mencapai 67,3%. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed