by

BMKG Prediksi Awal November Mendatang Terjadi Musim Hujan

-Nasional-649 views

Jakarta, JNcom – Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika (BMKG) memprediksi awal musim hujan pada tahun ini akan terjadi pada awal November mendatang. Khusus untuk untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan musim hujan dimulai sejak pertengahan Oktober 2019.

Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati mengungkapkan, pada 2019 ini El Nino lemah telah berakhir pada Juli lalu, dan kondisi netral ini masih berlanjut hingga dipenghujung 2019. Fenomena yang saat ini sedang terjadi, lanjut Dwikorita, adalah rendahnya suhu permukaan laut daripada suhu normalnya yang berkisar antara 26-27 derajat celcius di wilayah perairan Indonesia bagian selatan dan barat.

Sehingga berimplikasi pada kurangnya pembentukan awan di wilayah Indonesia.”Dengan adanya fenomena tersebut, mengakibatkan awal musim hujan periode 2019/2020 mengalami kemuduran, dan sebagian besar wilayah Indonesia akan mulai memasuki musim hujan pada November. Kecuali untuk wilayah Sumatera dan Kalimantan yang dimulai sejak pertengahan Oktober 2019,” terang Dwikorita dalam siaran pers nya, Selasa (22/10/2019).

Dwikorita mengimbau masyarakat mengoptimalkan usaha menjaga cadangan air melalui optimalisasi manajemen operasional air waduk saat musim penghujan dan melalui gerakan memanen air hujan. “Teknologi modifikasi cuaca dapat diterapkan sebagai alternatif pada saat peralihan kedua musim tersebut, terutama bagi wilayah yang rawan kekeringan dan karhutla,” ungkapnya. (SR)

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed